Tidak Selalu Memberi Efek Buruk, Ternyata 5 Jenis Makanan Olahan Ini Baik Untuk Kesehatan, Lho!

Tidak Selalu Memberi Efek Buruk, Ternyata 5 Jenis Makanan Olahan Ini Baik Untuk Kesehatan, Lho!

Informasi Terkini – Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata makanan olahan? Makanan yang satu ini memang sejak lama telah memiliki reputasi buruk terkait kesehatan. Sebut saja kolesterol tinggi, obesitas, sampai diabetes. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa jenis makanan olahan yang justru baik untuk kesehatan? Seperti beberapa jenis makanan ini, yang tidak hanya lezat tapi menyimpan manfaat baik bagi tubuh Anda. Apa saja? Temukan jawabannya melalui artikel di bawah ini.

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi menggunakan bakteri. Bakteri baik ini bermanfaat untuk mempertahankan fungsi saluran pencernaan. Yoghurt yang dijual di pasaran saat ini banyak sekali macamnya, mulai dari aroma buah hingga menawarkan potongan buah asli. Namun, ada baiknya Anda melihat label kemasan saat membeli yoghurt. Yoghurt yang baik Anda konsumsi seharusnya mengandung kadar gula kurang dari 12 gram. Untuk pilihan yang lebih sehat, Anda dapat mengonsumsi jenis greek yoghurt, karena mengandung lebih sedikit karbohidrat serta gula, namun kaya akan protein serta kalsium.

2. Selai Kacang

Dibalik kelezatannya rasanya saat dicampur dengan roti, ternyata peanut butter atau selai kacang juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Selai kacang dikenal memiliki kandungan protein dan serat yang akan membantu tubuh jadi lebih berenergi. Selain itu makanan olahan yang satu ini juga kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh. Agar lebih bergizi, Anda bisa mencampurkan selai kacang bersama buah apel, crackers, dan roti gandum.

3. Popcorn

Siapa yang tidak mengenal makanan olahan favorit saat menonton film di bioskop ini? Rupanya popcorn atau berondong jagung mengandung protein, vitamin, serta mineral yang baik bagi kesehatan, lho. Biji jagung yang merupakan bahan baku pembuatan popcorn, merupakan bagian dari gandum-ganduman yang sejak lama telah dikenal akan manfaat kesehatannya. Selain itu, makanan ini juga mengandung fitonutrien, jenis serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan segala nutrisi baik yang dimiliki, popcorn bisa menjadi alternatif camilan yang sehat untuk Anda.

4. Pasta

Varian pasta, seperti makaroni atau spageti, yang dijual di pasaran saat ini sebagian besar terbuat dari gandum durum yang baik untuk dikonsumsi. Gandum durum dikenal kaya akan protein, vitamin A dan vitamin B yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, pasta juga memiliki indeks glikemik rendah yang terkait dengan kadar gula darah normal dalam tubuh. Anda dapat menambahkan minyak zaitun, daging tanpa lemak, atau jenis sayuran seperti tomat dan jamur agar pasta yang dikonsumsi semakin bergizi.

5. Sereal

Makanan olahan yang sehat selanjutnya adalah sereal. Sereal yang baik untuk kesehatan adalah sereal yang terbuat dari biji-bijian gandum utuh seperti oatmeal atau cornflake. Jenis sereal ini biasanya telah terfortifikasi atau melalui proses penambahan mikronutrien (vitamin dan nutrisi essensial lainnya) agar manfaat kesehatan yang didapatkan lebih maksimal. Sereal yang terfortifikasi mengandung protein, rendah lemak, serta kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi tubuh. Agar lebih sehat, pilihlah sereal yang tidak mengandung bahan penambah rasa seperti gula. Anda bisa menggantinya dengan madu atau dikombinasikan dengan susu rendah lemak serta potongan buah-buahan segar.