Tingkatkan Kemampuan Otak Dengan Berjalan 10 Menit

Tingkatkan Kemampuan Otak Dengan Berjalan 10 Menit

Informasi Terkini – Ketegangan yang terjadi pada tubuh dapat menyebabkan otak sulit untuk bekerja seperti mengingat. Ketika hal ini terjadi, justru kita akan mengalami kurang konsentrasi yang menyebabkan dampak buruk bagi kita sendiri, bukan?
Tentu, apalagi saat dihadapi ujian di sekolah atau prrsentasi di kantor. Saat kita merasa tegang akan hal tersebut, justru ingatan yang seharusnya ingat akan menghilang.
Solusi yang tepat untuk hal ini ternyata dengan berjalan-jalan sekitar 10 menit. Dengan berjalan diyakini bisa menjernihkan otak sehingga Anda akan lebih mudah mengingat dan berkonsentrasi.
Hal ini merupakan temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan Universitas California Irvine dan Tsukuba di Jepang. Para peneliti ini melibatkan 36 orang yang usianya sekitar 20 tahun. Lalu, partisipan ini diminta untuk melakukan tes memori dengan membedakan antara gambar satu dengan yang lainnya.
Beberapa diantaranya partisipan yang ikut, sebelum membedakan gambar mereka diminta untuk melakukan latihan ringan, seperti berlari.
Dan hasilnya, mereka yang melakukan latihan ringan ini lebih mudah mengingat gambar dan membedakanya secara terperinci dibandingkan mereka yang tak melakukan apapun.
Namun, hal ini belum tentu berlaku pada usia tua. Sebab, penelitian ini hanya melibatkan partisipan yang muda sehingga di masa mendatang diharapkan ada penelitian yang bisa mencakup semua usia dan masa depan.
Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.