Tips Agar Tetap Bahagia Menghadapi Tekanan Hidup Setiap Hari

Tips Agar Tetap Bahagia Menghadapi Tekanan Hidup Setiap Hari

Informasi Terkini – 1. Temukan Sumber Stres Anda

Terkadang menemukan hal-hal yang membuat stres tidaklah sulit. Misalnya saja ketika menghadapi masalah di kantor ataupun saat terjadi perubahan besar dalam hidup. Namun di lain waktu, kadang kala Anda harus berpikir terlebih dahulu sebelum menemukan sumber stres. Cobalah untuk memperhatikan kebiasaan Anda sehari-hari. Apakah Anda mengalami stres ketika berada di tempat-tempat tertentu, seperti di kantor atau rumah? Atau ketika tengah berhadapan dengan orang tertentu? Buatlah jurnal agar Anda semakin mengenali sumber stres, sehingga pada akhirnya bisa mencegah ataupun mengatasi sumber tersebut dengan lebih mudah.

2. Buatlah Prioritas

Hal yang kerap membuat stres setiap hari adalah pekerjaan yang menumpuk. Oleh sebab itu Anda perlu membuat daftar prioritas setiap hari. Selalu Mulai dengan pekerjaan yang dekat dengan deadline, bukan pekerjaan yang Anda sukai dan tidak. Anda juga harus realistis dalam menargetkan kapan harus menyelesaikan pekerjaan, sehingga bisa tetap tenang mengerjakannya, tanpa harus dikejar-kejar target yang Anda buat sendiri.

3. Ubah Cara Kompensasi yang Tidak Sehat

Masing-masing orang memiliki cara sendiri untuk memberi kompensasi atas rasa stres yang mereka hadapi. Tak sedikit yang melakukannya dengan cara yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, atau makan makanan tidak sehat. Padahal cara-cara tersebut justru dapat memperburuk stres dan membuat Anda tidak produktif, lho. Ubahlah dengan cara yang lebih sehat, seperti berolahraga. Kegiatan olahraga sangat efektif untuk mengurangi stres karena selama beraktifitas fisik, tubuh melepaskan hormon endorphin yang bisa memperbaiki mood.

4. Hindari Menyalahkan Diri Sendiri

Agar terbebas dari stres, hal terpenting yang harus dilakukan adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Anda harus selalu bersikap positif, bahkan ketika terjadi kesalahan atau masalah. Bedakan antara bertanggung jawab dan menyalahkan diri sendiri. Anda juga bisa membuat kebiasaan baru dengan menuliskan 3 hal yang disukai dari diri Anda sendiri setiap hari. Dengan begitu, Anda jadi lebih menghargai diri sendiri dan tidak mudah stres.

5. Hubungi Orang Terdekat

Kehadiran orang-orang yang disayangi begitu penting, terutama saat Anda meras stres dan butuh sandaran untuk berbagi keluh kesah. Meskipun tidak bertatapan langsung, Anda bisa menghubungi ibu, pasangan, saudara atau teman dekat walaupun hanya sekadar untuk komplain mengenai hal kecil, maupun tekanan yang sedang dirasakan.Dengan menghubungi mereka, Anda bisa melepaskan ketegangan, mendapatkan masukan, dan akhirnya merasa lebih baik.