Tips Ampuh Atasi Adult Acne Menurut Dr Anjali Mahto

Tips Ampuh Atasi Adult Acne Menurut Dr Anjali Mahto

Informasi Terkini – Jerawat hingga kini masih menjadi masalah kulit yang paling banyak dialami oleh sebagian besar orang di dunia. Selain datang di saat yang tidak tepat dan pada akhirnya mengganggu penampilan, jerawat bisa muncul pada wajah tanpa mengenal jenis kelamin, profesi dan juga usia seseorang. Jerawat pada wajah seringkali dikaitkan dengan perubahan hormon yang terjadi karena menstrual cycle. Namun, ada juga jerawat yang dialami oleh seseorang berusia 30 tahun ke atas yang disebut dengan adult acne.

Dr Anjali Mahto adalah seorang dermatolog terkemuka yang bekerja pada klinik kecantikan The Cadogan Clinic di London sekaligus penulis buku The Skincare Bible. Dr Anjali sempat mengunggah foto wajahnya di akun Instagram pribadi tanpa makeup dengan menunjukkan kondisi kulitnya yang sedang berjerawat dan kemerahan. Melalui foto yang diunggah tersebut Dr Anjali mengatakan bahwa setiap orang bisa mengalami masalah jerawat, tak terkecuali seorang dermatolog seperti dirinya. Berjuang melawan jerawat sejak usia 11 tahun, Dr. Anjali Mahto membagikan beberapa tips ampuh mengatasi adult acne bagi Anda yang sedang mengalami masalah yang sama.

1. Menghindari makanan yang menjadi pemicu jerawat

Segala cara mungkin sudah dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan. Namun bila semua usaha tersebut tampak sia-sia, menurut Dr Anjali mungkin permasalahannya terletak pada ketidakseimbangan hormon yang dipengaruhi oleh asupan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pemicu dan memperparah jerawat adalah produk olahan susu, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, junk food, dan juga makanan pedas. Makanan tersebut bisa meningkatkan produksi hormon androgens dalam tubuh yang dapat memicu munculnya minyak berlebih di wajah dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. Tak boleh lupa juga minum air putih yang cukup untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, ya!

2. Menghilangkan stres dengan workout atau yoga

Selain pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, Dr Anjali mengatakan bahwa adult acne secara tidak langsung juga bisa disebabkan karena stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres adalah memiliki gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, salah satunya dengan yoga. Olahraga atau aktivitas fisik seperti yoga dapat membantu meredakan stres karena membantu melancarkan peredaran darah serta membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun, setelah berolahraga dan berkeringat, pastikan Anda melakukan perawatan kulit dengan benar, ya. Mengatur pola makan dan mengimbanginya dengan olahraga yang cukup, akan berpengaruh juga pada kondisi kulit dan membuatnya tidak mudah mengalami masalah seperti jerawat.

3. Membersihkan wajah dengan benar

Wajah yang senantiasa dijaga kebersihannya menjadi salah satu faktor yang dapat membuat kulit tidak mudah mengalami masalah. Melakukan perawatan wajah adalah salah satu bentuk investasi, agar wajah tetap sehat, bebas masalah dan awet muda meski usia semakin bertambah. Untuk bisa mencegah munculnya adult acne, Dr Anjali merekomendasikan supaya Anda melakukan ritual membersihkan wajah dengan rutin dan tepat. Lakukan double cleansing menggunakan makeup remover dan sabun muka, kemudian lanjutkan dengan penggunaan toner yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat yang akan membantu mengurangi produksi minyak, menyeimbangkan kadar pH pada kulit dan membuat wajah bersih secara maksimal. Tak kalah penting juga melakukan eksfoliasi secara rutin menggunakan produk yang tepat supaya hasilnya lebih maksimal dan tidak membuat kondisi kulit menjadi semakin parah.

4. Menghindari produk kecantikan yang membuat kondisi jerawat semakin parah

Selain hormon yang tidak seimbang, faktor lain yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat adalah penggunaan produk kecantikan dengan kandungan yang akan membuat kondisi jerawat semakin parah. Untuk itu, Dr Anjali Mahto menyarankan untuk mulai menggunakan produk perawatan dan kecantikan sejak dini, agar adult acne tidak muncul seiring bertambahnya usia. Selain perlu memerhatikan kebersihan wajah, Dr Anjali juga menyarankan penggunaan produk makeup yang menawarkan klaim non-comedogenic dan dilengkapi dengan kandungan seperti Benzoyl Peroxide, Alpha-Hydroxy Acids (AHA), Salicylic Acid, Retinol, Niacinamide dan Tea Tree Oil. Selain itu, Dr Anjali juga menyarankan untuk menghindari produk face oil yang terlalu berat karena dapat memicu timbulnya komedo. Namun jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering, Anda masih bisa menggunakan face oil.

5. Menggunakan produk kecantikan sesuai usia dan kondisi kulit

Untuk membantu mencegah munculnya adult acne di usia 30-an hingga 40-an, Dr Anjali menyarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah sesuai usia dan juga kondisi kulit masing-masing. Adult acne yang muncul karena perubahan hormon dan pertambahan usia membuat Anda perlu memerhatikan perubahan yang terjadi pada kulit dan kemudian menyesuaikan produk yang Anda pakai dengan kondisi yang dialami. Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena akan membuat kondisi kulit menjadi semakin parah yang ditandai dengan terjadinya iritasi dan juga breakout. Ketika kondisi jerawat Anda semakin parah setelah melakukan segala upaya dengan produk perawatan yang Anda gunakan, tandanya sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.