Tips Atasi Sembelit Pada Balita

Tips Atasi Sembelit Pada Balita

Informasi Terkini – Jakarta, Sembelit bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga dapat terjadi kepada anak-anak. Saat menghadapi situasi tersebut, kebanyakan orang tua juga merasakan khawatir. Perlu diingat kalau sembelit yang terjadi pada balita yakni sesuatu yang umum dan juga bukan merupakan penyakit yang serius.

Sembelit dapat terjadi dikarenakan tinja yang keras dan juga terlalu sulit untuk keluar. Gejala yang juga menyertai sembelit yakni kembung,mual, sakit perut, kehilangan nafsu makan, dll. Oleh karena itu sangat penting untuk anda mengontrol makanan balita supaya dapat terhindar dari sembelit.

Seperti yang telah dilansir Boldsky,hari Rabu (18/12/2013), ini adalah beberapa tips untuk mengatasi sembelit balita:

1. Diet sehat
Diet sehat merupakan segala sesuatu yang diperlukan untuk dapat menghindari sembelit pada balita. Berikan juga pada anak Anda makanan yang kaya akan serat. Balita juga memerlukan makanan yang tidak hanya membuatnya lebih sehat, tetapi juga makanan yang lezat. Buah-buahan serta sayuran untuk diet yakni pilihan makanan yang baik.

2. Memberikan laksatif atau pelunak feses
Laksatif bisa diberikan untuk dapat mengatasi sembelit yang terjadi di balita. Pelunak feses tersebut aman untuk digunakan dan juga caranya penggunaan yang mudah. Tetapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anak untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik mampu untuk memainkan peran utama, tidak terkecuali pada waktu melakukan aktivitas fisik pada balita. Pastikan kalau anak Anda tersebut melakukan aktivitas fisik yang cukup. Sebaiknya seorang anak setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 60 menit dalam sehari dan hal ini akan membantu untuk dapat mengatur gerakan usus dalam dirinya.

4. Perhatikan obat-obatan pada anak
Kalau anak mengeluh sakit, kemungkinan Anda akan langsung memberikan obat-obatan kepada anak. Tetapi sebaiknya terlebih dulu perhatikan obat-obatan yang Anda berikan. Kalau Anda menemukan kalau obat-obatan itu bisa menyebabkan sembelit, maka lebih baik jangan menggunakan obat itu.

5. Disiplin
Pastikan kalau anak pergi ke toilet pada waktu yang sama setiap harinya. Lebih baik kalau anda mengatakan padanya kalau “sekarang sudah saatnya untuk kamar mandi dan juga buang air besar’ untuk dapat menanamkan disiplin pada dirinya.