Tips Atur Bujet Untuk Buka Bersama Selama Bulan Ramadan

Tips Atur Bujet Untuk Buka Bersama Selama Bulan Ramadan

Informasi Terkini – Memasuki Bulan Ramadan biasanya akan ada banyak pengeluaran tak terduga yang terkadang bisa mengganggu anggaran keuangan di bulan ini. Bukan bujet membeli baju lebaran dan persiapan oleh-oleh saja yang bisa membuat Anda lebih boros saat memasuki bulan puasa. Undangan buka bersama yang terus datang, tak jarang bisa mengganggu bujet keuangan, terlebih jika Anda tidak mempersiapkannya dengan cermat. Nah, agar keuangan Anda tetap stabil hingga akhir bulan, yuk coba terapkan berbagai hal berikut ini!

1. Pilih undangan berbuka dengan cermat

Memasuki bulan puasa, tentu tak sedikit dari Anda yang mulai ‘kebanjiran’ undangan buka bersama. Mulai dari reuni teman-teman SMA, Kuliah, rekan kerja, hingga undangan dari sahabat terdekat. Maklum, Bulan Ramadan memang kerap jadi ajang untuk saling bersilaturahmi melalui acara buka bersama. Untuk menyiasati bujet agar tidak membengkak, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih undangan yang datang. Misal dengan menimbang melalui kedekatan dan manfaat yang akan diperoleh dari acara buka bersama tersebut. Jika undangan buka bersama dirasa kurang sesuai dengan bujet dan Anda tidak melihat adanya manfaat positif bagi diri sendiri, jangan ragu untuk menolaknya. Selain itu, berikan juga alasan yang logis untuk menghormati si pemberi undangan, ya.

2. Siapkan bujet agar tidak mengganggu kebutuhan lain

Undangan buka puasa yang terus datang terkadang membuat kita mau tak mau harus pintar mengatur bujet agar tidak mengganggu alokasi dana untuk kebutuhan lain. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengalihkan bujet hang out di akhir pekan sebagai anggaran untuk buka bersama. Dan pastikan untuk memiliki batas maksimal berapa bujet yang harus dikeluarkan untuk memenuhi undangan buka bersama. Misal, jika Anda merasa Rp200.000 adalah bujet maksimal untuk buka bersama, maka pastikan untuk tidak mengeluarkan biaya lebih besar dari angka tersebut setiap kali melakukan buka bersama.

3. Pilih lokasi restoran dengan cermat

Untuk menghindari pengeluaran biaya yang lebih besar, sebaiknya pilih restoran yang lokasinya tidak berada di dalam pusat perbelanjaan. Selain menghemat biaya dan waktu untuk urusan parkir, Anda juga terbebas dari godaan untuk berjalan-jalan mengelilingi mall setelah selesai makan.

4. Jangan sisakan makanan

Acara buka bersama terkadang diisi dengan sederet menu makanan dalam porsi besar. Jika di akhir acara jumlah makanan masih tersisa, tak ada salahnya untuk berinisiatif membawa pulang makanan tersebut. Anda bisa meminta pelayan restoran membungkusnya, atau membawa kotak makanan sendiri. Daripada menjadi hal yang mubazir, makanan yang masih tersisa bisa dimanfaatkan sebagai menu lauk untuk sahur nanti.