Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui Agar Tetap Fit

Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui Agar Tetap Fit

Informasi Terkini – Bagi Umat Muslim yang sudah baligh, berpuasa memang sudah menjadi kewajiban untuk dijalankan di Bulan Ramadhan. Namun, bagi beberapa orang yang memang tidak kuat atau lemah untuk berpuasa karena hamil, menyusui, sakit, atau orang yang tengah melakukan perjalanan jauh diperbolehkan untuk tidak wajib berpuasa.
Tetapi, berbeda lagi ketika mereka mampu untuk berpuasa. Mereka diperbolehkan untuk berpuasa selagi mereka kuat. Dan bagi wanita yang menstruasi atau berhalangan mereka tidak diperbolehkan dan haram untuk berpuasa. Mereka diperbolehkan puasa setelah mandi wajib dan sudah dalam keadaan suci.
Dari hal di atas, banyak ibu-ibu yang menyusui tetapi tetap ingin menjalankan puasa. Untuk itu, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diikuti ibu menyusui agar stamina tubuh ibu dan anak bisa terjaga dengan baik meski ibu berpuasa.
1. Ibu yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau hipoglikemia dan penyakit lainnya, saat hendak berpuasa sebaiknya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter. Dengan hal ini, dokter akan mengecek apakah berpuasa bisa aman untuk penyakit yang dideritanya atau tidak.
2. Untuk menjaga kondisi produksi ASI pada ibu menyusui, ibu memerlukan makan 3 kali dalam sehari. Saat berpuasa, ibu bisa makan saat sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur.
3. Nutrisi bagi ibu menyusui sangat penting jadi saat berpuasa ibu bisa mengonsumsi 50% karbohidrat, 30% lemak dan 10-20% lemak agar nutrisi terpenuhi.
4. Cairan yang cukup harus dipenuhi oleh ibu menyusui. Minum air putih 2 sampai 3 liter setiap hari saat sahur dan berbuka puasa. Disarankan juga bagi ibu menyusui untuk minum air hangat agar produksi ASI melimpah.
5. Istirahat yang cukup bisa membantu tubuh ibu menyusui tetap stabil.
6. Makan makanan yang menyehatkan seperti sayur dan buah agar bisa memiliki ASI yang lebih segar untuk kesehatan tubuh anak juga.
7. Bagi ibu yang juga bekerja dan terbiasa melakukan pumping, disarankan untuk tetap melakukannya karena berteguh pada prinsip untuk baik.