Tips Bersihkan Wajah Yang Berjerawat

Tips Bersihkan Wajah Yang Berjerawat

Informasi Terkini – Cara membersihkan wajah berjerawat tentunya perlu memerhatikan berbagai hal agar masalah kulit yang dihadapi tidak semakin parah. Selain perlu mencermati produk pembersih yang dipakai, berbagai langkah saat membersihkan wajah pun perlu diperhatikan dengan baik. Cara membersihkan wajah yang tepat juga menjadi salah satu treatment yang akan membantu menghilangkan jerawat.

Meski sederhana, cara membersihkan wajah setiap hari akan memberikan banyak perubahan positif pada kulit berjerawat Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips membersihkan wajah berjerawat yang bisa Anda coba.

1. Bersihkan dua kali sehari dan setelah berkeringat

Pagi dan malam hari merupakan waktu yang paling direkomendasikan untuk mencuci wajah. Untuk wajah berjerawat, pastikan Anda juga mencuci muka setelah berkeringat. Minyak yang menempel pada kulit wajah bisa membentuk komedo dan jerawat baru.

2. Gunakan cleanser yang lembut

Pastikan cleanser yang Anda gunakan lembut dan tidak mengandung alkohol. Hindari pemilihan cleanser yang dengan tekstur kasar yang menyerupai pasir karena akan menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Gunakan pembersih dengan salicylic acid dan benzoyl peroxide

Salicylic acid dan benzoyl peroxide merupakan kandungan yang dapat "melawan” penyebab jerawat secara efektif. Dua kandungan ini membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh tanpa membuat kulit iritasi.

4. Pijat wajah dengan ujung jari

Para ahli di bidang kecantikan merekomendasikan Anda untuk menggunakan ujung jari saat memijat wajah menggunakan pembersih. Penggunaan spons, kain, atau alat lainnya pada kulit justru dapat memperburuk masalah jerawat Anda.

5. Bilas dengan air hangat (suam-suam kuku)

Air hangat memberikan sensasi yang lebih lembut pada kulit. Anda pun bisa tetap menjaga kelembapan alami kulit tanpa membuat jerawat semakin parah. Air dengan temperatur ini juga sangat tepat dipilih untuk menjaga pori-pori kulit agar tetap terjaga. Setelah itu, keringkan wajah dari air dengan lembut.

6. Jangan biarkan kulit kering setelah dibersihkan

Banyak produk pembersih wajah berjerawat membuat kulit tetap kering dan bebas dari minyak. Namun, jangan biarkan kulit terlalu kering setelah dibersihkan. Tetap beri nutrisi pada kulit wajah menggunakan moisturizer yang melembapkan sekaligus menyembuhkan jerawat.

Cara membersihkan wajah berjerawat ternyata bisa diterapkan dengan mudah setiap hari. Karena itu, jadikanlah cara membersihkan wajah tepat sebagai kebiasaan yang membantu merawat kulit berjerawat Anda dengan lebih baik.