Tips Cegah Masuk Angin Saat Musim Dingin

Tips Cegah Masuk Angin Saat Musim Dingin

Informasi Terkini – Kita sering mendengar bahwa seseorang yang merasa mual, tidak enak badan, dan suhu tubuh meningkat itu mungkin terkena masuk angin. Lalu setelahnya dilakukan pengobatan tradisional dengan cara dikerok bagian punggungnya agar angin yang dimaksud keluar dari tubuh, atau bisa juga meminum obat atau ramuan khusus supaya masuk angin ini cepat sembuh.

Sebetulnya dalam dunia medis sendiri tidak ada penyakit yang bernama masuk angin. Bahkan dokter tidak membenarkan adanya penyakit masuk angin. Namun, masuk angin itu nyata adanya dan sering dirasakan oleh berbagai orang apabila saat terjadinya musim hujan seperti sekarang ini.

Namun, gejala-gejala yang menyebabkan masuk angin tersebut seperti yang disebutkan di atas bisa jadi merupakan tanda dari penyakit lainnya, seperti flu contohnya, atau salesma.

Cuaca dingin dan berangin kerap ditakutkan jadi penyebabnya. Apalagi sistem imun tubuh yang cenderung rendah saat musim dingin bisa membuat kita rentan terkena penyakit dan tak hanya masuk angin.

Jaga kesehatan tubuh saat cuaca tak menentu dengan tips berikut ini:

1. Tahan konsumsi karbohidrat
Cuaca yang dingin kerap menjadi pelaku nafsu makan kita yang meningkat, terutama makanan berkarbohidrat. Hal ini disebabkan karena makanan-makanan tersebut dapat membuat otak kita berpikir kita lebih bahagia.

Untuk menghindarinya, cobalah mulai dengan sarapan kaya protein untuk menjaga energimu tetap tinggi seharian. Jika usai makan siang kamu tetap merasa ingin ngemil yang manis-manis atau makanan karbo, persiapkan cemilan rendah lemak dan sehat di dekatmu, seperti kacang-kacangan. Kamu juga bisa makan 2 potong dark chocolate sebagai ganti camilanmu. Karena dark chocolate membantumu lebih kenyang.

2. Tambah asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang baik, secara alami ditemukan dalam berbagai macam makanan seperti ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Nutrisi ini sangat baik untuk mengurangi nyeri sendi dan kekakuan karena memiliki kandungan anti inflamasi.

Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar depresi yang sering dirasakan orang-orang saat cuaca dingin.

3. Makan jamur
Ada beberapa macam spesies jamur yang memiliki manfaat untuk mendorong sistem imun tubuh kita. Itu karena jamur memiliki antibiotik natural.

Antibiotik natural ini bisa membantu tubuh melawan banyak jenis penyakit, terutama di cuaca dingin yang kerap menyebabkan penyakit. Kamu bisa memilih untuk memakan jamur shiitake atau jamur kancing putih untuk ditambahkan di makananmu.

4. Makan lebih banyak serat
Serat yang mudah larut bisa ditemukan di apel, oat dan kacang-kacangan merupakan cara penting untuk mengurangi inflamasi dan mendorong fungsi sistem imun. Selain itu, serat juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga sangat cocok buatmu yang ingin menurunkan berat badan dan menyembuhkan diabetes.

5. Minum teh hangat
Dalam beberapa kasus musim dingin, seseorang bisa lebih hangat apabila dia mengonsumsi teh hangat, atau minuman lain yang hangat-hangat. BIsa membuat energen hangat sebagai pengganti sarapan.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan pola makan saat musim dingin sangatlah penting, agar tubuh kita tidak terserang virus yang dapat menyebabkan kita sakit.
Maka dari itu serat sangat penting untuk menjaga kesehatan selama cuaca dingin, terutama untuk menjaga sistem pencernaan.