Tips Hindari Masalah Kulit Untuk Wanita Berjilbab

Tips Hindari Masalah Kulit Untuk Wanita Berjilbab

Informasi Terkini – Setiap orang memiliki jenis kulit dan dengan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Namun, wanita berhijab memiliki beberapa permasalahan umum yang sama. Seperti perbedaan warna kulit wajah pada bagian yang terbuka dan tertutup jilbab atau pun masalah jerawat.

Ada beberapa tips untuk mengindari permasalahan kulit bagi wanita berjilbab. Seperti apa tipsnya? Simak penjelasan berikut.

1. Masalah kulit “belang”
Ketika seorang wanita menggunakan jilbab, sebagian kulit wajah akan tertutup dan sebagian lainnya terbuka. Bagi sejumlah orang, bagian wajah yang terekspos tersebut seringkali memiliki warna yang lebih gelap daripada bagian yang tertutup. Hal itu menyebabkan permasalahan baru, yaitu kulit belang.

Untuk mencegahnya, kamu wajib selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum melakukan aktivitas. Dianjurkan suncreen atau tabir surya memiliki kandungan SPF yang sedikit lebih banyak. Walaupun kamu tidak sedang beraktivitas diluar, atau keluar ruangan. Jangan lupakan memakai sunsreen karena radiasi dari cahaya lampu dan smartphone atau laptop bisa menyebabkan wajah seperti terkena matahari. Jadi tetap lindungi kulit kalian walaupun berada di dalam rumah.

2. Masalah jerawat
Masalah jerawat memang tidak hanya terjadi pada wanita yang berjilbab. Namun, sejumlah wanita berjilbab kerap mengalami masalah jerawat di balik jilbab yang dikenakannya. Masalah itu wajar terjadi. Hal itu bisa disebabkan karena pembersihan wajah yang kurang maksimal. Sebab, ketika bagian kulit terutup, pori-pori juga akan tertutup sehingga rentan terhadap jerawat.

Sebaiknya setelah seharian beraktivitas kamu bisa membersihkan wajah kamu dengan double cleansing, seperti memakai susu dulu untuk menghapus sisa makeup, lalu mencuci muka menggunakan facial wash, dan yang terakhir menggunakan toner. Namun, apabila permasalahan jerawat kamu tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah, maka segera konsultasikan ke dokter.

3. Masalah kulit kering
Wanita muslimah banyak bersentuhan dengan air. Terutama ketika berwudhu sebelum melaksanakan sholat lima waktu. Bagi pemilik kulit normal atau berminyak, efek terlalu sering membasuh wajah mungkin tidak terlalu signifikan. Namun, bagi pemilik kulit wajah kering, kulit bisa terasa semakin kering jika terlalu sering dibasih. Sebab, air bisa mengikis lapisan lemak yang secara normal ada pada kulit. Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sebaiknya memakai pelembap lagi setelah berwudhu.