Tips Hindari Overthinking Dalam Hubungan Asmara

Tips Hindari Overthinking Dalam Hubungan Asmara

Informasi Terkini – 1. Berhenti Membuat Asumsi Tentang Pasangan Anda

Jika Anda termasuk orang yang gampang overthinking, biasanya Anda sering berusaha untuk membaca pikiran orang lain. Tak hanya itu, Anda juga sering membuat ‘skenario’ tentang apa yang terjadi dengan orang lain. Apalagi jika Anda terbiasa melakukan ini di dalam hubungan, tentu hal tersebut akan memicu pertengkaran dan perselisihan paham. Ketika pasangan berbicara sesuatu kepada Anda, asumsikan bahwa apa yang ia maksud persis seperti apa yang ia katakan. Jangan berasumsi bahwa ada pesan tersembunyi di baliknya. Jika Anda belum mengerti maksud dari perkataannya, Anda bisa menanyakannya secara langsung, bukannya mencoba menerka dengan berbagai asumsi Anda.

2. Bedakan Hal Apa Saja yang Bisa dan Tidak Bisa Anda Kendalikan

Saat pasangan Anda pergi sejenak ke luar kota untuk urusan pekerjaan atau urusan keluarga, mungkin Anda khawatir jika ia tidak setia dan melakukan hal-hal yang tidak Anda ketahui. Inilah yang pada akhirnya akan memicu Anda untuk berpikir secara berlebihan. Sebelum hal ini menyerang, cobalah untuk membuat daftar tentang hal apa saja yang bisa dan tidak bisa Anda kendalikan. Hal-hal yang bisa Anda kendalikan misalnya menyibukkan diri agar pikiran Anda tidak tersita untuk memikirkan pasangan atau memintanya untuk menelepon Anda setidaknya sekali sehari. Apa yang tidak dapat Anda kendalikan adalah apa yang dia lakukan saat ia ada di sana. Buang pikiran negatif dan penuhi diri Anda dengan pikiran positif.

3. Fokuskan Diri Anda Pada Apa yang Ada di Depan Mata Saat Ini

Orang-orang yang terbiasa overthinking biasanya tidak percaya dengan apa yang mereka lihat dan alami adalah kebenaran. Ketika Anda terlalu banyak berpikir, pikiran Anda terfokus pada apa yang mungkin terjadi di masa depan. Pikiran Anda juga mungkin selalu dilandasi kecemasan tentang apakah pasangan Anda benar-benar mencintai Anda seperti yang ia katakan. Solusi untuk hal ini adalah dengan memfokuskan diri dengan apa yang ada di depan mata saat ini. Pasangan selalu ada untuk Anda dan mencintai Anda apa adanya, apalagi yang perlu Anda khawatirkan? Jalani saja seperti kata pepatah ‘the art of life is to live in the present moment’.

4. Belokkan Pikiran Anda ke Arah yang Lebih Positif

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh orang yang overthinking adalah mendengarkan pikiran diri sendiri seolah-olah itu fakta. Pikiran Anda meneriakkan sesuatu pada Anda dan Anda mempercayainya begitu saja. Jika pikiran Anda mulai hanyut ke arah yang membuat Anda khawatir berlebihan tentang hubungan Anda, cobalah untuk membelokkannya ke arah yang lebih positif. Bersyukurlah atas hal-hal yang baik tentang pasangan Anda, dan jangan pernah mencoba menganalisis hal-hal kecil yang sebetulnya tidak ia lakukan. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman serta melakukan hobi Anda agar pikiran Anda teralihkan dari overthinking yang sebetulnya sangat melelahkan batin.

5. Mencoba Memahami Bahwa Ketidakpastian Adalah Bagian dari Kehidupan

Memang, hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, pemahaman inilah yang bisa menjadi kunci melepaskan semua hal negatif yang ada di dalam pikiran Anda. Anda hidup di dunia yang selalu berubah dan berkembang dan tidak ada hal yang bisa dipahami untuk selamanya. Semakin Anda mengetahui bahwa tidak ada yang pasti di dalam kehidupan, semakin banyak kedamaian yang akan Anda temukan. Kembali lagi ke poin nomor tiga di atas, nikmati apa saja yang berada di depan Anda saat ini, termasuk hubungan asmara Anda.