Tips Kulit Cerah Dan Sehat, Ubah Kebiasaanmu

Tips Kulit Cerah Dan Sehat, Ubah Kebiasaanmu

Informasi Terkini – Untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat, perawatan dari luar saja tidak cukup, lho. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya, jika tubuh sehat, kecantikan akan terpancar dengan sendirinya. Karena itu, saatnya Anda mulai mengubah beberapa kebiasaan, baik dari segi kesehatan maupun urusan perawatan wajah. Sejatinya, kecantikan yang diperoleh secara alami pasti akan terpancar dan bertahan lebih lama dibanding cara instan.

1. Jaga Asupan Gula

Tahukah Anda? Terlalu banyak mengonsumsi gula membuat wajah jadi lebih cepat keriput! Hal ini terjadi karena kandungan gula yang terlalu tinggi dalam tubuh akan ‘menyerang’ kolagen yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kekencangan kulit wajah. Tidak hanya kolagen. Saat Anda mengonsumsi gula secara berlebihan, kadar gula darah dalam tubuh tentu akan meningkat tajam. Namun, kondisi ini terjadi hanya sesaat. Tubuh memiliki hormon insulin yang bertugas menyeimbangkan tingkat gula darah. Kalau kadar gula dalam tubuh meningkat, hormon insulin akan bekerja untuk menurunkan kadarnya. Kadar gula darah pun akan menurun drastis. Perubahan secara tiba-tiba inilah yang membuat tubuh gemetar, lapar, dan stress yang akhirnya membuat kulit jadi tampak kusam. Jika ingin kulit cerah dan sehat, Anda sebaiknya lebih menjaga asupan makanan dan minuman manis. Ubah perlahan kebiasaan ini dengan menyantap buah-buahan yang punya pemanis alami dan sayuran yang kaya serat.

2. Kurangi Konsumsi Dairy Products

Dairy products adalah produk makanan dan minuman olahan berbahan dasar susu hewan. Terlalu banyak mengonsumsi dairy products bisa memicu jerawat bagi sebagian orang. Selain itu, dairy products juga mendorong produksi sebum yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan memancing breakout. Jika Anda punya kulit sensitif dan cenderung rentan akan jerawat, coba ganti susu serta produk hewani ini dengan almond milk. Atau, agar lebih baik lagi, perbanyak konsumsi air mineral dan cold pressed juice.

3. Hindari Alkohol

aktor utama yang membuat alkohol menjadi musuh besar untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah efek dehidrasinya. Selain itu, kandungan alkohol juga membuat suhu tubuh menjadi panas. Dalam kondisi ini, Anda akan lebih mudah berkeringat. Akhirnya, pori-pori wajah akan rentan tersumbat dan menyebabkan jerawat. Jadi, jangan menunggu lama, mulai kurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol sekarang juga!

4. Mulai Gunakan Produk Skin Care yang Berkualitas

Mudah tertarik dengan produk skin care yang bisa memberi efek instan pada wajah? Hmm, sebaiknya pikirkan lagi deh. Perubahan secara instan tidak menjamin produk itu ampuh. Bisa jadi penggunaan bahan kimia dalam kadar tinggi yang menyebabkan perubahan yang signifikan ini. Normalnya, produk skin care akan memperlihatkan efek setelah digunakan minimal 14 – 28 hari karena pengaruh regenerasi sel. Selain itu, Anda juga harus selalu memeriksa merek produk yang Anda gunakan. Sudah terdaftar resmi di BPOM belum? Sembarang menggunakan produk skin care berbahan kimia bukannya membuat kulit cerah, malah menjadikan wajah lebih kusam. Karena itu, ubah kebiasaan mencoba produk skin care yang menjanjikan efek instan, dengan mulai menggunakan produk skin care berkualitas.

5. Rutin Bersihkan Wajah

Inilah hal mendasar dalam perawatan wajah yang harus Anda lakukan secara rutin. Pastikan setiap pagi dan malam hari, Anda membersihkan wajah dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Mencuci wajah secara teratur dapat mengangkat kotoran yang menumpuk serta minyak berlebih yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah. Ikuti dengan perawatan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati agar wajah terlihat lebih cerah.