Tips Manfaatkan Rose Water Untuk Kecantikan

Tips Manfaatkan Rose Water Untuk Kecantikan

Informasi Terkini – Tidak hanya cantik untuk dilihat, bunga mawar pun dapat Anda temukan dalam banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Ternyata, saat Anda mengombinasikan bunga mawar dan air, Anda akan mendapatkan campuran yang dapat melembapkan, merawat, sekaligus menjaga keseimbangan pH pada kulit. Rose water memiliki khasiat anti-inflamasi yang mampu meredakan iritasi dan mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, sehingga, saat digunakan secara rutin, olahan bunga ini dapat membantu merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak cara memafaatkan rose water berikut!

1. Toner

Jika toner kesayangan Anda sedang kosong, tidak perlu khawatir! Anda bisa menggunakan rose water sebagai pengganti toner, lho! Kandungan antioksidan dan khasiat anti-inflamasinya dapat membantu merawat dan menyejukkan kulit Anda. Untuk menggunakan rose water sebagai toner, tuangkan rose water pada kapas secukupnya, lalu tepuk-tepuk lembut ke seluruh wajah. Mudah, kan?

2. Campuran Masker

Memiliki banyak stok masker bubuk yang belum sempat digunakan di rumah? Alih-alih hanya mencampurnya dengan air, Anda dapat menggunakan rose water sebagai campuran masker untuk mendapatkan manfaat merawat kulit yang lebih banyak. Psst! Anda juga bisa menambahkan 1-2 tetes essential oil untuk sensasi masker yang lebih relaxing bak di spa, lho! Oh, iya, selain campuran masker, jika Anda berniat untuk menggunakan essential oil atau astringent seperti cuka apel, Anda bisa menggunakan rose water untuk mencairkan bahan tersebut agar tidak terlalu ‘keras’ pada kulit.

3. Face Mist

Tinggal di Indonesia yang berada di khatulistiwa dan beriklim tropis tentu akan membuat Anda terpapar panas dan polusi sehari-hari. Nah, untuk menyejukkan wajah Anda di tengah hari setelah melewati panas terik, Anda bisa menggunakan rose water sebagai face mist! Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiman rose water ke dalam botol spray berukuran kecil, sehingga Anda bisa menyemportkannya pada wajah kapan saja untuk memberi kesegaran. Untuk kesegaran dan rasa sejuk esktra, Anda bisa menyimpan face mist dari rose water ini di dalam kulkas, lho!

4. Makeup Remover

Tidak heran jika bunga mawar menjadi salah satu kandungan terfavorit dunia kecantikan, sebab manfaat dan kegunaannya benar-benar sangat banyak! Salah satunya adalah sebagai makeup remover. Namun, untuk dapat bekerja dengan maksimal membersihkan makeup pada wajah, Anda perlu menambahkan beberapa tetes coconut oil ke dalam rose water terlebih dahulu. Coconut oil yang telah populer digunakan sebagai alternatif membersihkan makeup tanpa makeup remover yang dikombinasikan dengan rose water dapat mengangkat makeup dan kotoran hingga bersih, sekaligus membantu melembapkan dan merawat kulit.

5. Perawatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, rose water juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut, lho! Nah, terdapat beberapa cara memanfaatkan rose water untuk perawatan rambut yang bisa Anda coba, nih. Anda bisa mencampurkannya dengan shampoo atau conditioner untuk membantu melembapkan rambut. Selain melembapkan, dijamin rambut Anda akan wangi seharian, deh! Cara lainnya adalah dengan menggunakan rose water sebagai bilasan terakhir rambut Anda, sehingga rambut Anda semakin lembap dan berkilau. Selamat mencoba ladies.