Tips Membersihkan Sisir Menurut Jenisnya

Tips Membersihkan Sisir Menurut Jenisnya

Informasi Terkini – Sama halnya rambut yang Anda jaga kebersihannya dengan keramas secara rutin, peralatan rambut seperti sisir juga sebaiknya dibersihkan. Tak mau kan, menyisir rambut yang sudah bersih menggunakan sisir kotor? Minyak, debu, dan kuman yang terdapat pada sisir dapat menumpuk dari waktu ke waktu. Bisa jadi, sisir kotor menimbulkan beberapa permasalahan rambut seperti ketombe, rambut rontok, dan infeksi kulit kepala. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini untuk membersihkan berbagai bentuk dan jenis sisir. Mau tahu seperti apa cara membersihkannya? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Sisir plastik

Menurut Style Craze, banyak orang yang sudah mulai beralih dari sisir rambut plastik ini karena efek yang ditimbulkan. Sisir plastik ternyata dapat membuat rambut kusut dan kering. Beberapa orang lebih memilih menggunakan sisir rambut berbahan nilon yang bisa membuat rambut lebih halus.

Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menyiapkan tusuk gigi, sikat gigi, tisu, wadah, shampo, handuk, dan air hangat. Berikut cara memberihkan sisir plastik:

– Buang rambut dan kotoran yang terlihat disisir dengan tangan Anda. Kemudian gunakan tisu untuk menghilangkan kotoran dan juga minyak yang ada pada sisir.
– Rendam sisir plastik Anda dalam wadah yang berisi air hangat dan sampo. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada sisir. Tunggu 20 hingga 30 menit.
– Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat sisir yang masih terendam sampo. Pastikan untuk menggosok setiap sela pada sisir.
– Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran kecil pada sisir yang masih menempel. Proses ini mungkin akan memakan waktu karena Anda harus membersihkannya satu persatu.
– Bilas sisir dengan air bersih dan rendam kembali sisir menggunakan air yang dicampur dengan beberapa tetes tea tree oil yang digunakan sebagai disinfektan alami untuk membasmi kuman tersisa.
– Bilas kembali sisir dengan air bersih dan lap menggunakan handuk. Setelah kering, sisir bersih Anda siap untuk digunakan.

2. Sisir kayu

Sisir dengan bahan kayu dianggap lebih lembut dan tahan lama untuk merawat rambut. Jenis sisir ini dapat memindahkan minyak pada akar ke bagian ujung rambut. Selain itu, manfaat lain sisir kayu yaitu dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Untuk membersihkan sisir kayu, Anda dapat menggunakan cara yang sama dengan sisir plastik. Namun, perlu diperhatikan bahwa sisir kayu tidak tahan lama pada saat direndam dalam air. Jadi, pastikan Anda hanya merendamnya dalam waktu 3 menit saja.

3. Sisir berbentuk bulat

Bagi Anda yang suka menata rambut, sisir berbentuk bulat ini cocok untuk menambah volume rambut Anda. Tersedia dalam beberapa ukuran, Anda dapat membuat kreasi rambut ikal dan gelombang menggunakan jenis sisir seperti ini. Untuk membersihkan round brush, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan cara di atas. Anda juga dapat menggunakan alkohol atau apple cider vinegar yang direndam bersama air. Pastikan untuk tidak merendam gagang sisir karena dapat merusaknya. Selamat mencoba. Selalu perhatikan kebersihkan sisir Anda ya ladies.