Tips Membuat Kopi Favorit Di Rumah Secara Mudah Dan Hemat Perlu Anda Coba!

Tips Membuat Kopi Favorit Di Rumah Secara Mudah Dan Hemat Perlu Anda Coba!

Informasi Terkini – Minum kopi saat ini sudah jadi semacam rutinitas wajib bagi banyak orang. Bisa jadi, tidak ada hari terlewat tanpa minum kopi. Kita bisa menemukan coffee shop dengan mudah dan bisa memilih mana yang jadi favorit kita. Untuk yang merasa hidup belum lengkap kalau belum ngopi, pasti berkunjung ke coffee shop juga jadi agenda wajib. Namun, tiap hari minum kopi di kafe bisa boros juga sih. Nah, bagaimana kalau Anda mulai belajar untuk membuat kopi favorit di rumah? Pasti lebih hemat dan prosesnya juga akan menyenangkan bukan? Yuk, simak apa saja yang Anda butuhkan di artikel ini.

1. Investasi Alat Untuk Membuat Kopi Favorit di Rumah

Untuk bisa membuat kopi favorit di rumah, tentunya Anda tidak harus selalu membutuhkan alat-alat yang mahal, kecuali memang ada budget untuk itu. Karena kopi sudah banyak penikmatnya, alat-alat kopi yang praktis dengan harga yang terjangkau sudah mudah didapat. Sebelum membeli alat-alatnya, akan lebih baik kalau kita mengetahui dahulu kopi apa yang menjadi favorit kita dan yang akan sering kita buat. Hal ini akan menentukan peralatan yang kita perlukan untuk membuat kopi. Untuk yang suka single origin, bisa memakai alat v60 atau coffee press. Kalau lebih suka espresso milkbase, bisa menggunakan handpresso. Alat-alat tersebut kini mudah untuk ditemukan dan dibeli secara online jika Anda berencana membuat kopi favorit di rumah.

2. Pilih Jenis Kopi dan Simpan Dengan Benar

Ada dua jenis kopi yang secara umum dikenal oleh masyarakat, yaitu Arabica dan Robusta. Kopi Arabica lebih memiliki rasa atau aroma yang beragam, tergantung asal biji kopinya. Kalau kopi Robusta, rasa dan aromanya lebih netral. Ada satu lagi jenis kopi yang masih sangat jarang ditemukan yaitu kopi Liberica, yang memiliki cita rasa sayuran yang bisa dikatakan unik. Bagi yang sudah memiliki coffee grinder, Anda bisa membeli kopi dalam bentuk biji dan digiling sendiri di rumah. Bagi yang tidak punya, tidak perlu khawatir kok. Saat membeli, kita bisa sekaligus memesan kopi yang sudah dalam bentuk bubuk. Kopi yang masih berbentuk biji, daya simpannya lebih lama daripada kopi yang sudah dalam bentuk bubuk. Untuk itu simpan dan sediakan stok kopi secukupnya saja. Untuk penyimpanannya, kita bisa menggunakan toples dan tempat yang kedap udara untuk memastikan kopi tetap segar dan tidak kehilangan aromanya.

3. Kreasikan Kopi dengan Bahan-Bahan Tambahan Buatan Sendiri

Mungkin ada yang suka dengan kopi hitam tanpa tambahan lain seperti gula atau susu, tapi ada juga yang lebih suka dengan kopi yang manis dan dengan tambahan susu. Tidak salah memang, karena kita pasti punya selera kopi masing-masing dan setiap kopi juga punya penikmatnya sendiri-sendiri. Di coffee shop, kita pasti melihat ada banyak menu dan kopi dengan berbagai macam rasa. Nah, kita juga bisa berkreasi dengan kopi yang kita buat sendiri di rumah, salah satu caranya adalah dengan sirup buatan kita sendiri, seperti sirup karamel, vanilla, coklat dan hazelnut. Anda bisa juga tambahkan bubuk kayu manis untuk aroma kopi yang lebih harum.

4. Keuntungan Membuat Kopi Favorit di Rumah

Kopi memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk yang hobi dan gemar minum kopi, ada banyak keuntungan yang didapat kalau kita membuat kopi favorit di rumah, lho! Kalau menyeduh dan membuat kopi sendiri, kita bisa mengatur apa saja dan berapa banyak bahan yang akan kita pakai. Kalau kita lebih suka kopi hitam, tinggal seduh lalu nikmati kopinya. Untuk yang suka kopi dengan berbagai macam bahan tambahan, kita bisa menambahkan gula, susu, sirup favorit sesuai ukuran dan selera kita. Kita bisa jadi lebih kreatif, dan bisa sharing resep yang kita kreasikan kepada sahabat dan keluarga. Pastinya juga lebih hemat kalau bisa bikin kopi sendiri di rumah. Dana untuk ke coffee shop bisa dialokasikan untuk yang lain, kan? Selamat mencoba!