Tips Memilih Buah Semangka Yang Berkualitas

Semangka merupakan buah yang segar dan nikmat untuk disantap kapanpun. Memiliki rasa yang manis, semangka sering menjadi hidangan penutup di berbagai acara. Bahkan, semua kalangan pun menyukai semangka untuk dikonsumsi. Selain itu, semangka juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan dimanapun. Eits, jangan senang dulu, memilih semangka yang matang, segar dan juicy ternyata tidak semudah itu. Perlu beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar semangka yang kamu beli memiliki kualitas yang bagus. Ini tipsnya!

1. Perhatikan warna kulit buah
Semangka yang matang dan sedap dimakan bisa dilihat dari kulitnya. Jika warna kulit semangka itu hijau gelap dan kusam, artinya semangka tersebut sudah matang. Nah, beberapa orang keliru memilih semangka yang bagus itu justru berwarna hijau mengkilat. Meski menarik dipandang, semangka ini menunjukkan kalau belum matang sempurna.

2. Cek berat buah dengan cara mengayunkan
Sebelum membeli biasanya semangka akan ditimbang terlebih dahulu menggunakan alat. Selain itu, sebaiknya kamu juga cek berat buah dengan cara memegang dan mengayunkan perlahan. Jika dirasa berat, semangka tersebut mengandung banyak air yang cocok untuk kamu konsumsi.

3. Perhatikan spot kuning
Di atas dan bawah semangka terdapat spot kuning, nah ini juga perlu diperhatikan. Buah semangka yang matang dan siap dimakan adalah memiliki spot kuning keemasan yang cukup besar. Jangan pilih semangka yang tidak ada spot kuning tersebut, ya!

4. Ketuk buah
Sebelum memutuskan untuk membelinya, kamu perlu mengecek semangka dengan mengetuknya perlahan. Jika ketika tersebut menimbulkan bunyi gema di ruang kosong, maka kamu bisa memilih semangka tersebut karena siap dimakan.

5. Cek ujung batang buah
Cek bagian spot hitam yang merupakan tanda batang buah. Tekan sedikit. Jika menunjukkan semangka yang masih keras dan spot hitam tersebut berukuran besar, maka semangka yang kamu pilih itu manis. Jika tekanan bisa masuk hingga lebih dalam, maka semangka sudah terlalu matang dan mulai membusuk.

Itulah tips singkat memilih semangka yang berkualitas. Selamat mencoba!