Tips Memilih Produk Kecantikan Untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Produk Kecantikan Untuk Kulit Sensitif

Informasi Terkini – Kulit sensitif memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau bahkan kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan. Jika kurang selektif, produk perawatan wajah malah dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif. Biasanya, kulit akan terlihat memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan merusak penampilan. Nah, berikut ini tips untuk si kulit sensitif!

1. Ekstra Hati-hati Dalam Urusan Eksfoliasi

Komedo, jerawat menjadi masalah wanita yang tidak bisa di hindari karena keduanya berasal dari masalah pori-pori yang membesar akibat salah memilih produk kecantikan bahkan produk perawatan. Pilihlah produk yang tidak menggandung zat eksfoliasi. Khusus untuk pemilik kulit sensitif, pilih alternatif eksfoliator yang lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Pilihlah Pembersih Wajah dengan Benar

Sebaiknya jatuhkan pilihan pada pembersih wajah yang tidak mengandung bahan seperti alkohol. Kulit sensitif mudah bereaksi terhadap suatu kandungan secara cepat. Jika produk kecantikan yang Anda gunakan masih menggandung alkohol, usahakan cari alternatif lain yang mungkin dapat Anda coba. Seperti bahan lavender atau witch hazel yang dapat menyejukkan dan mengecilkan pori-pori. Alkohol dapat memicu produksi minyak berlebih dan efek sampingnya mampu membuat pori-pori terlihat lebih besar dan ada kemungkinan peradangan.

3. Gunakan Suhu Air yang Tepat

Bila kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Gunakanlah air bersuhu normal. Dolores Krieger, Professor Emerita of Nursing Science di New York University menuturkan penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit dengan memperbanyak minum air putih. Anda bisa mencari skincare dengan kandungan air yang cukup.

4. Kurangi Make-up Berlebihan

Pernahkah Anda menjumpai kulit wajah seseorang berwarna kemerahan? Hal ini bisa disebabkan penggunaan lebih dari tiga jenis produk kecantikan pada wajah dalam sekali waktu. Padahal, bagi pemilik kulit wajah sensitif terkadang tak bisa menyerap terlalu banyak kandungan dari lebih tiga produk. Apalagi jika pemakaiannya tidak diberi jeda dan kombinasi produk yang digunakan tidak berasal dari satu rangkaian produk. Resiko iritasi seperti ruam justru lebih sering muncul karena epidermis menjadi susah bernapas.

5. Ketahui Perubahan Di Kulit Wajah

Jaga-jaga dengan beberapa perubahan di wajah Anda, seperti gatal, kemerahan dan bintik-bintik seperti jerawat sedang timbul. Anda harus mengambil tindakan dengan cepat jika wajah anda mempunyai tanda tersebut. Dapatkan rawatan dengan segera atau dapatkan nasihat daripada dokter kulit untuk menganalisis tahap sensitif kulit wajah anda.