Tips Menangani Kecanduan Gadget Yang Parah

Tips Menangani Kecanduan Gadget Yang Parah

Informasi Terkini – Di era modern ini, memang kita tidak pernah bisa lepas dari yang namanya teknologi. Hal ini memang sudah menjadi bagian dari hidup, karena itu satu barang yang tidak akan pernah bisa lepas dari yaitu gadget. Alat pintar ini memang mempermudah hidup dan komunikasi Anda. Sayangnya, penggunaan gadget kadang memiliki dampak negatif. Kalau terlalu ‘ekstrem’ digunakan dan Anda jadi tak memedulikan lingkungan sekitar, maka ini tandanya Anda sudah kecanduan gadget! Beberapa efek buruk gadget adalah paparan radiasi yang bisa merusak kesehatan, mata lelah, postur tubuh yang mungkin menjadi tak seimbang, hingga menurunnya tingkat empati. Untuk menghindari kecanduan gadget yang semakin parah, coba tips ini yuk.

1. Matikan Notifikasi

Nah, coba cara pertama ini saat weekend. Setelah membalas semua pesan singkat dan email yang berkaitan dengan pekerjaan, coba ‘istirahat’ sejenak dengan mematikan notifikasi ponsel setelah jam makan siang. Hal ini bisa membantu Anda mengosongkan pikiran dan tubuh dengan menjauhkan diri dari gadget. Quality time pun bisa didapat dengan baik. Cukup nyalakan telepon rumah untuk akses komunikasi agar Anda tetap bisa dihubungi.

2. No Gadget Allowed

Beberapa orang sudah menerapkan sistem ini dan berhasil. Kalau Anda sedang berkumpul dengan keluarga atau teman, coba terapkan konsep no gadget allowed. Dengan cara ini, gadget sama sekali tidak boleh digunakan saat sedang kumpul-kumpul. Agar adil, coba kumpulkan seluruh gadget di tengah meja. Nah, trik ini bisa Anda coba bukan?

3. Log Out Akun

Gadget sekarang ini tak hanya menjadi alat komunikasi, namun juga sebagai sarana bersosialisasi. Selain mematikan notifikasi, coba juga cara yang satu ini. Log out semua akun media sosial Anda dalam satu hari! Meski mungkin Anda ‘gatal’ ingin mengutak-atik akun Anda, coba nikmati keheningan dan rasakan kenyamanan tanpa gadget.