Tips Mencari Tiket Pesawat Murah

Tips Mencari Tiket Pesawat Murah

Informasi Terkini – – Fleksibel

Tiket pesawat biasanya akan meningkat tajam begitu memasuki waktu-waktu khusus, seperti liburan musim tahun baru, Natal, dan juga musim anak-anak liburan sekolah. Agustus menjadi bulan yang perlu Anda waspadai, sebab di bulan ini biasanya anak-anak liburan sekolah dan banyak orang yang ingin liburan musim panas ke berbagai destinasi wisata di seluruh dunia.

Kalau Anda berlibur di saat-saat seperti ini, maka tiket murah sudah pasti sulit didapat. Anda harus lebih fleksibel dengan jadwal keberangkatan. Kalau Anda sangat ingin ke Paris, maka sebaiknya pergilah di saat menjelang pergantian musim semi atau gugur. Saat-saat ini tidak begitu banyak orang ke sana sehingga tiket murah bisa Anda dapatkan. Selain itu, pergi di pertengahan minggu juga akan jauh lebih murah dibandingkan di akhir pekan. Jadwal penerbangan di pagi hari juga cenderung lebih murah.

– Pilih Maskapai Murah

Mungkin dulu memang susah mencari tiket murah karena tidak banyak pilihan maskapai penerbangan. Tapi sekarang sudah banyak budget airlines atau maskapai penerbangan murah yang melayani rute jarak jauh yang memungkinkan Anda bepergian ke berbagai penjuru dunia dengan biaya yang lebih terjangkau. Tapi kekurangan maskapai murah biasanya tidak memberikan fasilitas yang ditawarkan maskapai mahal, misalnya bagasi gratis.

– Hindari Direct Flight

Direct flight atau penerbangan langsung ke tempat tujuan biasanya lebih mahal karena Anda tidak perlu transit. Jika Anda ingin mendapatkan tiket yang lebih murah, maka Anda perlu menghindari direct flight. Misalnya tujuan Anda adalah Jepang, saat menggunakan maskapai murah seperti Air Asia biasanya dari Jakarta Anda akan transit dulu di Malaysia selama beberapa jam. Setelah itu, Anda akan kembali menaiki pesawat dari Malaysia yang akan terbang langsung ke Jepang.

Meskipun melelahkan, metode ini bisa dibilang cukup menghemat biaya tiket pesawat. Menunggu beberapa jam di bandara-bandara internasional juga tidak melelahkan seperti yang Anda kira, karena berbagai fasilitas yang disediakan di bandara tidak akan membuat Anda bosan.

– Tidak Semua Harga Sama

Saat ini banyak situs booking tiket yang menawarkan berbagai promo menarik. Meskipun situs A menawarkan harga murah, Anda jangan hanya berpatokan pada satu situs. Untuk membandingkan harga, Anda perlu melihat promo yang ditawarkan situs lain. Tidak semua situs booking menawarkan harga yang sama untuk satu maskapai dan jadwal penerbangan. Selain itu, biasanya harga dari situs booking berbeda dengan harga di website resmi maskapai. Jadi, Anda perlu lebih teliti lagi dalam mencari tiket murah yang sesuai bujet, ya!

– Beli Tiket Satuan

Jika ingin mendapatkan tiket murah, sebaiknya jangan beli tiket rombongan. Mungkin Anda ingin berlibur bersama empat orang lainnya. Secara otomatis, maskapai akan mencarikan lima kursi berderet dan akan menunjukkan harga tiket paling mahal. Jika bangku A harganya Rp2 juta, bangku B dan C Rp3 juta, dan bangku D Rp4 juta, maka maskapai akan memberikan harga untuk satu bangku sama rata menjadi Rp4 juta.

Jika ingin duduk bersama satu deret, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan early check-in melalui situs resmi maskapai untuk memilih bangku mana yang ingin ditempati. Untuk maskapai tertentu tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk memilih tempat duduk.

– Booking Lebih Awal

Harga tiket akan melambung tinggi begitu mendekati hari keberangkatan. Tapi harga tiket bisa lebih murah atau mahal tergantung permintaan. Meskipun begitu, sebaiknya Anda jangan menunggu tiket murah berdasarkan pemintaan, tapi booking dari jauh-jauh hari. Jika Anda ingin keluar negeri, waktu terbaik untuk melakukan booking tiket sebaiknya dari 4-6 bulan sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk penerbangan domestik, 6-8 minggu menjadi waktu terbaik mencari tiket murah.