Tips Menjaga Kesehatan Bagi Kamu Yang Bekerja Hingga Larut Malam

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Kamu Yang Bekerja Hingga Larut Malam

Informasi Terkini – Tuntutan pekerjaan saat ini terkadang membuat seorang karyawan harus melakukan kerja lembur hingga larut malam. Tentu saja hal ini bisa memberi dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh, karena pada dasarnya tubuh yang terlalu diforsir pekerjaan, secara perlahan akan mudah lelah dan rentan terkena penyakit. Untuk bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit, ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan terutama bila sering bekerja hingga larut malam. Apa saja?

1. Olahraga ringan di pagi hari

Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga adalah salah satu hal penting yang sebaiknya rutin dilakukan. Tidak perlu membayangkan olahraga yang terlalu berat yang ujungnya membuat Anda merasa malas untuk berolahraga. Tak masalah jika Anda hanya bisa melakukannya dalam waktu singkat, asalkan rutin. Bila sering bekerja hingga larut malam, Anda bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari supaya tubuh tetap dalam kondisi prima. Beberapa gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan di pagi hari untuk bisa membuat Anda lebih bersemangat seharian di antaranya adalah bicycle crunch, naik turun tangga, abs plank, sit up, menaikkan kaki di tembok dan juga yoga. Selain olahraga ringan di pagi hari, Anda juga perlu melakukan istirahat dan stretching di kantor saat jam istirahat siang untuk menghindari nyeri sendi.

2. Mandi dengan air dingin di pagi hari

Mandi adalah salah satu kebiasaan sehari-hari yang bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan tubuh, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Sebenarnya baik menggunakan air hangat atau dingin, keduanya mendatangkan manfaat dan memiliki efek samping tersendiri. Anda bisa memilih ingin mandi pagi menggunakan air hangat atau air dingin sesuai kebutuhan. Meski belum banyak diketahui, ternyata mandi di pagi hari dengan air dingin ternyata membawa banyak manfaat, lho. Di antaranya adalah memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stres hingga menjaga kecantikan kulit dan rambut. Selengkapnya, Anda bisa cek di artikel ini, ya.

3. Manfaatkan power nap atau coffee nap

Bekerja hingga larut malam membuat jam tidur terkadang menjadi tidak teratur dan bisa membuat Anda merasa mengantuk di siang hari. Tak perlu khawatir, ladies, karena Anda bisa melakukan power nap atau coffee nap saat istirahat siang. Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, power nap dan coffee nap dipercaya dapat mengembalikan energi dan membuat otak tetap aktif terjaga setelah Anda terbangun. Teknik power nap adalah teknik tidur cepat yang idealnya dilakukan selama 10 hingga 30 menit. Tidak kurang dan tidak lebih. Bedanya dengan coffee nap, sebelum melakukan tidur singkat Anda bisa mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Anda tim power nap atau coffee nap?

4. Perhatikan waktu dan asupan makan

Saat harus sering bekerja hingga larut malam karena deadline pekerjaan yang menumpuk, Anda harus memerhatikan pola makan dan berusaha menjaga pola makan agar tetap teratur. Tak hanya memerhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda juga perlu memerhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan. Anda bisa memilih makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung banyak vitamin serta serat. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari terlalu sering mengonsumsi gorengan dan makanan yang terlalu manis di malam hari untuk menghindari kelebihan berat badan. Terakhir, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi dan pencernaan tetap lancar.

5. Konsumsi minuman berkafein dengan bijak

Kopi adalah minuman yang biasanya diandalkan untuk menjaga agar terhindar dari rasa kantuk ketika harus bekerja hingga larut malam. Namun, terlalu sering mengonsumsi kopi ternyata tidak dianjurkan karena akan menimbulkan beragam efek samping seperti tekanan darah tinggi, kecemasan, hingga insomnia. Tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi kopi sama sekali, ya. Anda hanya perlu memerhatikan waktu yang tepat agar efek kafein yang ada pada kopi bisa dirasakan dengan maksmial serta meminimalkan efek sampingnya. Konsumsi kopi yang paling efektif adalah pada jam 9 hingga 11 pagi. Sebelumnya, pastikan Anda sudah sarapan terlebih dahulu, ya!