Tips Menjaga Kesehatan Mulut Agar Jauh Dari Masalah Plak

Tips Menjaga Kesehatan Mulut Agar Jauh Dari Masalah Plak

Informasi Terkini – Menjaga kesehatan mulut dan gigi memang harus dilakukan karena hal ini dapat mencegah Anda dari masalah mulut dan gigi. Salah satu contoh masalah mulut yang sering dialami oleh banyak orang adalah munculnya plak dalam gigi. Plak ini bisa terjadi saat bakteri bertemu dengan lendir serta partikel lainnya yang terdapat dalam mulut.
Oleh sebab itu, drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO yang merupakan seorang dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia membeberkan tiga cara yang perlu dilakukan oleh setiap orang agar terhindar dari masalah mulut dan gigi, termasuk juga plak.
Tiga cara tersebut ialah:
– Menggosok gigi.
Menggosok gigi saja tidak akan membersihkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut. Dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari hanya dapat membersihkan sekitar 25 persen bagian mulut.
Untuk lebih baik, jangan lupa menggosok gigi juga sebelum tidur karena saat malam hari produksi air liur menurun yang membuat kuman mudah berkembang biak dan menimbulkan masalah mulut lainnya.
– Flossing
Saat membersihkan rongga mulut, jangan lupa melakukan flossing atau membersihkan sela-sela gigi. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan benang.
– Berkumur
Berkumur dengan mouthwas setelah menyikat gigi diyakini dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba mulut. Jangan lupa, perhatikan dosis saat memakainya agar tidak berisiko.