Tips Pintar Belanja Online Produk Kecantikan

Tips Pintar Belanja Online Produk Kecantikan

Informasi Terkini – Apakah Anda pernah belanja online produk kosmetik? Nah, dari koleksi produk kosmetik di rumah, pasti Anda punya produk yang dibeli online. Entah itu lipstik, pensil alis, atau skin care. Beli barang online memang kadang-kadang bikin deg-degan. Asli nggak nih produknya? Nyampe nggak nih barangnya? Ditipu nggak nih? Daripada waswas terus kalau belanja online, ini tips pintar belanja online yang bisa Anda praktikkan juga.

1. Pilihan Pembayaran Bervariasi

Semakin banyak pilihan pembayarannya, semakin situs ini bisa dipercaya. Ada pilihan Bank Tranfer (dengan beberapa pilihan bank tujuan), Kartu Kredit, bahkan Bayar di Tempat untuk memudahkan Anda belanja. Saat membayar, Anda juga bisa melihat nama pemilik rekening. Ada yang mencantumkan nama pemilik atau nama perusahaan. Jika nama perusahaan yang dicantumkan, situs atau marketplace tempat Anda belanja ini setidaknya memiliki badan usaha yang terikat hukum. Bisa dipercaya, kan?

2. Penjualnya Jelas

Situs atau marketplace yang terpercaya pastinya memiliki kontak yang bisa dihubungi. Jika kontaknya jelas, Anda bisa meneruskan pembelian dari tempat ini. Akan lebih bagus lagi, jika ada beberapa kontak yang bisa disediakan selain email—baik nomor telepon, akun media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, hingga Line. Beberapa situs atau marketplace tertentu bahkan menyediakan live chat. Khusus untuk marketplace, seperti Beautylink, seller yang menjual produk sudah dikurasi oleh tim Beautylink sehingga sudah pasti terpercaya dan bukan seller abal-abal.

3. Baca Deskripsi Produk

Nah, begitu memutuskan akan belanja di tempat yang dipilih, ada hal yang mesti diperhatikan nih. Tiap produk biasanya memiliki deskripsi lengkap mengenai kegunaan, keunggulan, dan kandungan produk. Kadang, ada juga yang menyertakan ukuran dan volume. Jadi, jika Anda mencari bedak untuk kulit berminyak, jangan sampai salah membeli bedak untuk kulit kering yang melembapkan. Cek juga kandungan produk untuk menghindari risiko iritasi untuk Anda yang berkulit sensitif.

4. Cari Review Produk

Agar tak kecewa dengan produk yang dibeli, coba baca juga rating atau review untuk produk tersebut. Anda bisa membaca pengalaman customer yang membeli produk yang Anda inginkan. Anda bisa mencocokkan jenis kulit atau warna kulit dari customer lainnya. Warna lipstik yang agak tricky, nih. Kalau soal formula, mungkin ada yang menyebutnya di review. Nah, untuk kecocokan warna? Untuk melihat aplikasinya, Anda bisa googling dan mencari review dari Beauty Editor atau beauty blogger yang warna kulitnya mirip.