Tips Rawat Area T-Zone Bagi Pemilik Kulit Kombinasi

Tips Rawat Area T-Zone Bagi Pemilik Kulit Kombinasi

Informasi Terkini – Kulit kombinasi sering mengalami minyak berlebih di bagian t-zone. Hal ini membuat sebagian orang yang mengalaminya tidak percaya diri. Adanya minyak berlebih ini membuat wajah terlihat mengkilap dan make up mudah luntur. Selain itu, di bagian ini pemilik kulit kombinasi sering mengalami masalah komedo hingga kulit kusam.
Namun, ada tips merawat area t-zone bagi pemilik kulit kombinasi agar tidak bermasalah. Yuk, cek ulasannya!
1. Gunakan cleanser yang tepat
Membersihkan wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua tipe dan jenis kulit. Tidak cukup dengan air saja, membersihkan wajah perlu cleanser atau sabun muka yang sesuai. Nah, bagi pemilik kulit kombinasi sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang bertekstur gel atau scrub yang lembut. Tetapi, bila kulit selain t-zone merupakan jenis kulit kering berarti Anda membutuhkan dua produk pembersih wajah.
2. Aplikasikan toner
Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk membantu mengurangi produksi minyak di bagian t-zone. Selain itu, toner ini akan membantu membersihkan bagian t-zone secara maksimal sehingga mencegah penumpukan kotoran dan minyak berlebih yang menjadi penyebab umum komedo dan jerawat. Biasanya toner dengan kandungan salicyclic acid disarankan untuk pemilik kulit ini.
3. Lakukan eksfoliasi secara rutin atau gunakan pore strip
Bagi pemilik kulit kombinasi, lakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu. Hal ini dapat memaksimalkan kebersihan di area t-zone sehingga tidak memunculkan masalah lain. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pore strip untuk menghilangkan komedo di hidung. Namun, setelah itu jangan lupa oleskan toner untuk memastikan kebersihannya dan mencegah pori-pori membesar.
4. Gunakan masker untuk kulit berminyak di bagian t-zone
Banyak masker yang bisa menjadi pilihan. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi sebaiknya gunakan dua jenis masker yang berbeda. Untuk area t-zone yang berminyak, gunakan masker dengan kandungan clay, tea tree, atau charcoal. Masker ini dapat mengurangi kadar minyak berlebih dan mencegah munculnya jerawat. Sementara, untuk kulit lain yang kering Anda bisa menggunakan masker dengan kandungan hyaluronic acid, kunyit, kopi, pepaya, atau gandum. Masker ini bisa memberikan kelembapan pada kulitmu.
5. Blotting paper wajib selalu dibawa
Dimanapun Anda berpergian selalu bawa blotting paper. Hal ini berguna untuk mengurangi minyak berlebih secara instan yang muncul di area t-zone.