Tips Rawat Rambut Setiap Hari

Tips Rawat Rambut Setiap Hari

Informasi Terkini – Merawat rambut setiap hari dengan tepat adalah kunci untuk memiliki "mahkota” yang indah tergerai, sehat, dan menawan. Untuk menerapkannya, Anda perlu melakukan langkah-langkah yang memberikan banyak manfaat dan menghindari berbagai kebiasaan yang bisa memberi pengaruh negatif untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Untuk membantu Anda menemukan cara merawat rambut yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari dan wajib dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari para ahli. Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Cuci rambut secara rutin menggunakan sampo berkualitas tinggi. Namun, pastikan agar Anda tidak mencuci rambut terlalu sering karena dapat menyebabkan rambut kering dan tampak kusam. Selain itu, hindari sampo yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti sulfates dan parabens.

2. Setelah keramas, gunakan condisioner yang sesuai dengan jenis dan panjang rambut. Anda juga bisa menggunakan kondisioner alami yang terbuat dari lidah buaya atau lemon untuk memiliki rambut sehat tanpa efek samping apapun.

3. Bilas rambut dengan vinegar atau cuka masak sebelum menggunakan sampo. Langkah yang satu ini membantu rambut untuk tampil lebih bersinar dan bersih.

4. Setelah mencuci rambut, keringkan secara alami tanpa bantuan hair dryer. Cukup gunakan handuk berbahan katun yang bisa mengeringkan rambut secara lembut. Hindari menyisir rambut saat seluruh bagiannya masih basah karena akan membuatnya lebih mudah rontok.

5. Jangan terlalu sering menyisir rambut. Kebiasaan itu bisa menyebabkan masalah rambut bercabang dan lain sebagainya. Pastikan Anda juga menggunakan sisir yang bersih setiap kali dipakai.

6. Hindari paparan sinar matahari yang menyengat pada rambut. Selalu gunakan topi atau pelindung lain saat Anda harus berakitivitas di luar rumah pada siang hari yang panas.

7. Berikan nutrisi pada kulit kepala dua kali seminggu. Cara merawat rambut yang satu ini bisa membantu mahkota Anda tumbuh lebih sehat dan lembut. Gunakan minyak almond, kelapa, atau extra virgin olive oil dan usapkan pada permukaan kulit kepala dengan kapas. Terakhir, bilas dengan air hangat.

8. Hindari styling rambut yang terlalu sering. Para pakar kecantikan merekomendasikan agar Anda menggunakan catok, hair dryer, dan perlengkapan lain hanya pada waktu tertentu.