Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini Agar Terhindar Dari Osteoporosis

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini Agar Terhindar Dari Osteoporosis

Informasi Terkini – Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh kaum lanjut usia. Penyakit ini tidak hanya dapat mengurangi kepadatan, tapi juga bisa menurunkan kekuatan tulang sehingga membuat penderitanya akan mengalami kesulitan dalam beraktivitas. Bahkan dalam kasus yang sudah parah, para pasien osteoporosis tidak dapat melakukan aktivitas sama sekali.

Menurut data dari International Osteoporosis Foundation, kaum wanita lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan pria. Para wanita yang sudah memasuki masa menopause lebih rentan terkena osteoporosis. Hal ini sebenarnya dapat diminimalkan jika kita melakukan tindakan pencegahan jauh sebelum memasuki usia yang lebih tua. Selain mencukupi kebutuhan kalsium untuk memperkuat tulang, ada beberapa cara untuk mencegah osteoporosis sejak dini yang dapat Anda lakukan.

1. Menjaga Postur Tubuh

Menjaga postur tubuh saat duduk, berdiri, dan berjalan merupakan cara untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian sejak dini. Jadi pastikan Anda duduk, berjalan, dan berdiri dengan posisi tulang punggung yang sejajar (tidak bungkuk) untuk mencegah terjadinya nyeri sendi dan menjaga agar tulang tetap pada posisi yang tepat. Selain itu, orang yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif. Latihan fisik ringan, seperti berjalan atau menari merupakan cara sederhana untuk melatih tulang untuk tetap aktif bergerak.

2. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Makanan dan minuman yang mengandung kalsium memang sangat baik untuk kepadatan tulang. Namun, alangkah baiknya jika Anda juga mulai mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin K untuk mencegah menurunnya kadar kalsium pada tulang. Selain itu, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D. Vitamin ini berguna untuk untuk melindungi tulang dan tubuh, serta membantu penyerapan kalsium secara optimal. Selain vitamin K dan D, tulang juga membutuhkan asupan vitamin C yang berfungsi untuk merawat tulang rawan pada persendian. Anda bisa mendapatkan kebutuhan vitamin tersebut lewat suplemen, ataupun dari berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, pisang, dan kacang-kacangan.

3. Hindari Konsumsi Minuman Bersoda

Meminum soda dingin saat cuaca terik memang terdengar menggiurkan. Namun, tahukah Anda jika minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan? Selain kandungan gulanya yang tinggi, minuman bersoda ternyata bisa meningkatkan risiko terkena osteoporosis karena dapat mengikis kepadatan serta kalsium pada tulang. Selain minuman bersoda, minuman beralkohol dan tinggi kafein pun juga perlu dihindari untuk tetap menjaga kesehatan tulang di masa tua nanti.

4. Hindari Diet Ekstrim

Hampir semua wanita mendambakan memiliki berat dan bentuk tubuh yang ideal. Bahkan tak jarang untuk mendapatakan berat dan bentuk tubuh yang sesuai impian, para wanita rela melakukan diet ekstrim. Namun, melakukan diet secara berlebihan bisa membuat peluang wanita terkena osteoporosis semakin besar. Hal ini karena saat diet tubuh akan kehilangan asupan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tulang. Dan jika nutrisi tidak terpenuhi, maka tulang akan rentan terkena pengeroposan dan juga pengapuran.

5. Olahraga Teratur untuk Melatih Kekuatan Tulang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tubuh yang aktif akan membuat tulang menjadi terlatih dan lebih kuat, sehingga latihan fisik seperti olahraga sangat dibutuhkan. Tak perlu melakukan olahraga secara ekstrim dalam waktu yang berlebihan. Anda cukup berolahraga secara teratur untuk terus melatih dan menjaga kekuatan tulang. Anda bisa memilih olahraga ringan, seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda untuk memastikan tubuh tetap aktif bergerak.