Tips Sederhana Untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis Yang Bisa Anda Terapkan

Tips Sederhana Untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis Yang Bisa Anda Terapkan

Informasi Terkini – Konsep gaya hidup minimalis yang meminimalisir kepemilikan dan menjadikan hidup lebih simpel memang sepertinya sangat menarik. Apalagi cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gaya hidup ini, mulai dari manfaatnya bagi keuangan, kesehatan fisik, kesehatan mental, hingga hubungan keluarga kita. Namun, menerapkan gaya hidup minimalis ternyata tak selalu mudah bagi semua orang, terutama bagi mereka yang terbiasa menjalani gaya hidup konsumtif. Namun tak perlu risau, Anda bisa memulai gaya hidup minimalis sedikit demi sedikit dengan melakukan 5 hal sederhana berikut ini.

1. Tulis alasan pada jurnal

Sepertinya sepele, namun hal ini bisa menjadi motivasi Anda untuk konsisten menjalani gaya hidup minimalis. Tulislah alasan-alasan yang membuat Anda ingin mengikuti gaya hidup ini. Kalau gaya hidup minimalis dilakukan karena Anda ingin bebas hutang, tulislah. Apapun alasan terbesar yang membuat Anda bertekat menjalani gaya hidup minimalis sebaiknya ungkapkan ke dalam jurnal. Karena alasan-alasan ini akan jadi pengingat sekaligus membangkitkan semangat ketika Anda mulai tergoda untuk kembali pada kebiasaan konsumtif.

2. Buang atau jual barang yang sama

Sadar atau tidak, banyak dari Anda yang memiliki barang yang mirip atau bahkan identik dan menyimpanya selama bertahun-tahun tanpa pernah menggunakannya. Inilah saatnya Anda menyingkirkan barang-barang tersebut. Sediakanlah kardus dan letakkan benda-benda yang sama. Letakkan di tempat yang tidak terlihat selama 30 hari. Jika dalam waktu 30 hari tersebut Anda tidak memerlukan atau tidak ingat apa yang ada di dalam kardus itu, maka donasikan atau menjualnya di acara bazaar.

3. Tentukan Clutter-free Zone Anda

Clutter-free zone merupakan area bersih di mana Anda harus menjaganya agar tidak semrawut oleh barang-barang yang tidak dibutuhkan. Anda bisa mulai dari area yang kecil, seperti meja dapur, meja nakas, laci, dan lain sebagainya. Gunakan area tersebut sebagai inspirasi dan pengingat untuk hidup dengan lebih simpel dan lebih sedikit barang. Kalau Anda sudah mulai menikmati area yang bersih tersebut, perluas areanya setiap bulan. Mulai dari meja yang bersih, Anda bisa kembangkan menjadi ruang yang bersih hingga rumah yang bersih dari barang-barang yang tidak diperlukan.

4. Mengurangi jumlah pakaian

Godaan terbesar bagi seorang wanita dalam menjalani gaya hidup minimalis umumnya berhubungan dengan penampilan serta segala pernak-perniknya. Untuk memulai gaya hidup minimalis, Anda bisa mengawali melalui cara berpakaian. Bukan berarti Anda tak bisa tampil stylish lho. Anda hanya perlu mengurangi jumlah pakaian yang dimiliki. Misalnya saja dengan membatasi jumlah baju dan aksesoris hanya 33 buah untuk dipakai selama 3 bulan. Meski terdengar ekstrim, Anda akan terkejut karena menemukan fakta bahwa hidup dengan lebih sedikit pakaian ternyata jauh lebih mudah.

5. Mengonsumsi menu yang sejenis

Salah satu hal yang sering menyita waktu adalah dalam hal makanan, baik itu untuk memilih ataupun menyiapkannya. Dengan gaya hidup minimalis, cobalah untuk makan menu yang serupa. Makanlah sarapan yang sama, serta 2 atau 3 pilihan makan malam selama 1 minggu. Diskusikan dengan keluarga Anda bagaimana rasanya dan jika mereka komplain atau merasa jenuh coba untuk memodifikasi, atau mengolahnya menjadi resep lain dengan proses memasak yang berbeda.