Tips Untuk Anda Jika Ingin Diterima Sebagai Pegawai Tetap Usai Magang

Tips Untuk Anda Jika Ingin Diterima Sebagai Pegawai Tetap Usai Magang

Informasi Terkini – Jangan remehkan posisi sebagai karyawan magang karena siapa tahu hal itu bisa menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tetap dengan lebih mudah. Daripada harus bersusah payah mencari pekerjaan lain, mengapa tidak memanfaatkan kesempatan baik ini agar bisa diterima menjadi pegawai tetap? Berikut ini adalah tipsnya!

1. Datang Lebih Awal

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa lebih dari seperempat pekerja datang terlambat setidaknya satu kali dalam sebulan. Padahal, lebih dari separuh pemberi kerja mengharapkan setiap pekerja datang tepat waktu setiap hari. Jadi jelas sekali bahwa datang terlambat tidak akan meninggalkan kesan yang baik, terlebih lagi jika Anda masih bekerja sebagai pegawai magang. Oleh sebab itu, datanglah 5 menit lebih awal dari jam masuk kerja Anda. Dengan begitu, pemberi kerja akan melihat bahwa Anda adalah calon pegawai yang potensial, bertanggung jawab, serta peduli pada perusahaan.

2. Temukan Tugas Sendiri

Meskipun banyak perusahaan yang memiliki program magang, namun kebanyakan tidak memberikan job description yang jelas pada karyawan magang. Peran mereka tidak jelas karena perusahaan tidak mau mempertaruhkan tugas-tugas penting kepada pegawai magang yang belum berpengalaman dan bisa pergi kapan pun mereka mau. Alhasil, banyak pegawai magang yang pada akhirnya tidak melakukan tugas dan kontribusi yang berarti. Oleh karena itu, Andalah yang harus aktif untuk menemukan tugas sendiri, sekecil apapun tugas itu. Tawarkan bantuan kepada siapa saja di kantor. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki inisiatif dan tidak hanya menunggu perintah.

3. Tunjukkan Kompetensi

Tak hanya menawarkan bantuan, namun tunjukkan juga bahwa Anda melakukan tugas tersebut dengan sungguh-sungguh dan sempurna. Cek lagi pekerjaan Anda agar terhindar dari kesalahan, serta selesaikan tepat waktu. Tunjukkan pula bahwa kemampuan Anda semakin lama semakin baik karena itulah tujuan magang, agar Anda dapat mengasah kemampuan sebelum benar-benar terjun menjadi pegawai tetap. Jika Anda konsisten memperlihatkan kompetensi yang kian meningkat, kesempatan Anda untuk diangkat menjadi pegawai tetap akan semakin terbuka lebar.

4. Batasi Menggunakan Smartphone Saat Bekerja

Selain tugas yang mengharuskan Anda menggunakan smartphone, jangan terlalu sering mengeceknya karena itu bisa menganggu fokus Anda. Hal itu juga bisa menimbulkan kesan bahwa Anda tidak serius dalam bekerja. Kalau tidak mendesak, balas pesan atau panggilan di waktu istirahat saja.

5. Bangun Jaringan

Hal paling penting adalah membangun jaringan seluas-luasnya. Network sangat diperlukan dalam bidang apapun. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dari orang-orang sekitar Anda, dan buatlah daftar kontak. Anda juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada rekan kerja. Misalnya saja, apa yang mereka sukai dan tidak sukai dari pekerjaan mereka, bagaimana mereka mendapatkan posisi tersebut, dan lain sebagainya. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi Anda nantinya.