Tips Untuk Kamu Para Pelajar Dan Mahasiswa Agar Menabung Lebih Giat

Tips Untuk Kamu Para Pelajar Dan Mahasiswa Agar Menabung Lebih Giat

Informasi Terkini – Walaupun belum punya penghasilan sendiri, Anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, tetap bisa menabung dan membeli berbagai produk bernilai tinggi, kok. Syaratnya tentu Anda harus pintar-pintar menahan diri untuk tidak mudah tergoda dengan serbuan produk di sosial media. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan berbagai tips di bawah ini, agar bisa menyisakan uang setiap bulan untuk menambah nominal tabungan. Apa saja? Keep scrolling, ladies.

1. Buat Budget Setiap Bulan

Sebelum membuat pengeluaran, ada baiknya Anda membuat bujet setiap bulan untuk mengetahui berapa pemasukan dana yang dimiliki setiap bulannya, kemudian buat juga catatan pengeluaran yang rutin dikeluarkan. Dengan membuat bujet seperti ini, Anda bisa tahu arus masuk dan keluar uang dan bisa lebih dulu mengetahui pos mana yang membutuhkan dana yang paling besar dan pos mana yang masih bisa dipangkas.

2. Buat Bekal Sendiri

Membuat bekal sendiri adalah salah satu tips jitu dalam menghemat pengeluaran Anda yang masih berstatus pelajar ataupun mahasiswa. Percayalah, sebagian besar uang bulanan terkuras karena kebiasaan nongkrong dan makan di luar yang tidak baik untuk kesehatan saku. Kalau Anda masih tinggal dengan orangtua, tentu variasi bekal jadi lebih beragam lagi. Selain mengandalkan masakan orang tua, tak ada salahnya juga untuk mencoba resep buatan sendiri sebagai bekal. Masih ragu mencoba tips ini, coba simak dulu kelebihan dari membawa bekal melalui artikel ini, ya.

3. Gunakan Hiburan Gratis Ketimbang Berbayar

Kalau ada fasilitas wifi gratisan baik di kostan atau rumah tentu Anda bisa menghemat uang lebih banyak tanpa harus mengeluarkan biaya langganan media hiburan. Tidak perlu menghabiskan dana untuk menjadi member premium, selama bisa dimanfaatkan gratis tak ada salahnya untuk mengalihkan uang pada kebutuhan lain maupun tabungan. Atau, kalau Anda perlu berlangganan streaming legal, coba untuk mengajak teman agar biaya keanggotaan dapat dibagi.

4. Maksimalkan Penggunaan Diskon

Jika sedang berbelanja, jangan malu untuk memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan. Percaya atau tidak cara ini bisa menghemat pengeluaran uang Anda dengan cukup banyak, lho. Selalu periksa kode promo saat berbelanja online. Selain itu saat berbelanja sebaiknya pilih waktu yang banyak menyediakan pesta diskon, misal saat end season atau clearence sale. Hal ini juga berlaku saat Anda ingin menikmati makanan di berbagai lokasi, selalu lihat promo yang ditawarkan dan jangan ragu mengikuti giveaway yang diadakan restoran tertentu dengan memanfaatkan media sosial Anda.

5. Gunakan Kartu Pelajar

Ada banyak potongan harga yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Rajin saja memeriksa fasilitas umum yang memberikan potongan harga untuk mereka yang berstatus pelajar dan mahasiswa. Biasanya selain restoran, toko buku dan coffeeshop juga sering mengadakan promo ini. Potongannya lumayan, lho! Jadi jangan malu atau segan dalam memanfaatkan status pelajar Anda, ya ladies!