Tips Untuk Mencegah Concealer Creasing

Tips Untuk Mencegah Concealer Creasing

Informasi Terkini – Jika mengaku sebagai penggemar makeup, kerap membaca beauty blog, atau menonton beauty vlog dan tutorial, mungkin istilah creasing sudah tak asing lagi terdengar. Berbeda dengan crease yang kerap merujuk pada lipatan mata, creasing adalah kondisi di mana makeup yang Anda kenakan menggumpal, terutama di area kerutan atau lipatan kulit. Creasing dapat terjadi pada area bawah mata tempat menempelnya concealer, kelopak mata atau garis senyum yang dilapisi oleh foundation.

Creasing tenntunya akan mengganggu penampilan seseorang karena dapat mempertegas kerutan pada wajah. Nah, karena creasing paling sering terjadi pada area bawah mata tempat concealer melekat, berikut tips mudah yang dapat Anda praktikkan untuk menguranginya!

1. Pastikan area mata lembap, namun tidak lengket

Sebelum mengaplikasikan makeup, tentu Anda perlu mengaplikasikan skin care terlebih dahulu guna memastikan kondisi di area mata siap menerima makeup. Ada dua tips tambahan yang bisa dilakukan untuk memberi hidrasi lebih pada area mata, penggunaan eye cream atau face oil pada bagian bawah mata. Walaupun kelembapan dan hidrasi pada area bawah mata penting, ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yaitu memastikan produk tersebut sudah terserap secara sempurna sebelum Anda mengaplikasikan makeup. Apabila terburu-buru dan area bawah mata masih terasa lengket atau basah, Anda bisa juga menggunakan tisu untuk menyerap kelebihan produk agar concealer tidak menggumpal.

2. Perhatikan area aplikasi concealer

Biasanya, area bawah mata paling gelap terletak di area segitiga sudut dalam mata. Jadi, sebaiknya kamu fokus dalam pengaplikasikan concealer pada area tersebut. Kulit di area tersebut cenderung terasa lebih halus, sehingga minim terjadi creasing. Selain itu, hindari mengaplikasikan concealer terlalu dekat dengan garis bulu mata bawah, karena concealer kerap menumpuk dan pada akhirnya akan menggumpal di garis bulu mata tersebut.

3. Gunakan jari

Kecuali Anda sudah terbiasa menggunakan kuas, cara termudah untuk mengaplikasikan concealer secara merata adalah dengan menggunakan jari. Terutama, untuk Anda yang masih tergolong pemula dalam urusan makeup. Selain memiliki kontrol lebih untuk menjangkau sudut-sudut mata, cara tersebut juga dapat mmebuat hasil concealer membaur rata pada kulit, karena suhu tubuh akan menghangatkan concealer menjadi lebih creamy.

4. Rentangkan kulit

Creasing pada concealer terjadi karena terdapat kerutan pada area bawah mata. Saat mengaplikasikan concealer, tentu teksturnya tidak serta-merta langsung ‘mengisi’ kerutan pada area mata. Bahkan, saat Anda melihat lurus ke depan atau ke bawah saja, area bawah mata masih tampak berkerut. Agar concealer dapat mengisi kerutan di area bawah mata, aplikasikanlah dengan posisi mata melihat ke atas. Selebihnya, tarik lembut kulit untuk merentangkan area bawah mata Anda.

5. Set dengan bedak

Sebelum mengaplikasikan bedak, pastikan bahwa concealer pada bagian bawah mata merata dan tidak ada creasing sama sekali. Anda bisa mengaplikasikan bedak dengan posisi mata melihat ke atas untuk meminimalisir kerutan. Nah, tips lainnya yang bisa Anda praktikkan untuk meminimalisir creasing adalah dengan meniru cara Jeffree Star mengaplikasikan bedak pada area bawah matanya. Alih-alih menggunakan kuas, gunakan spons makeup lembap untuk mengangkat dan mengaplikasikan bedak pada area bawah mata.