Tips Untuk Mencegah Pengeluaran Membengkak

Tips Untuk Mencegah Pengeluaran Membengkak

Informasi Terkini – Sejak internet semakin mudah diakses oleh semua orang, semua hal jadi bisa dilakukan secara online; mulai dari menjaga kontak dengan relasi dan keluarga di media sosial hingga belanja. Nah, yang terakhir ini yang mau saya bahas. Saking mudahnya belanja online, kadang kita tidak sadar, dari yang awalnya berniat untuk sekedar update media sosial malah berakhir membeli sesuatu yang tidak kita perlu. Agar pengeluaran tidak membengkak. Nah, bagaimana caranya agar pengeluaran kita tidak membengkak.

1. Jangan Follow Terlalu Banyak Brand di Media Sosial

Ada untungnya juga sih follow akun brand tertentu di media sosial, terutama untuk info diskon atau kuis berhadiah. Di sisi lain, lini masa media sosial Anda jadi dipenuhi oleh post marketing, iklan, dan rekomendasi produk dari berbagai brand. Anda jadi makin susah deh menahan godaan dan jadinya malah tidak update dengan perkembangan brand yang Anda follow karena lini masa yang terlalu penuh. Agar tidak boros, coba dipilih lagi brand yang benar-benar Anda suka dan produknya Anda gunakan. Atau, Anda juga bisa follow online shop yang memiliki pilihan produk yang lengkap, sehingga Anda tak perlu follow banyak brand untuk mendapatkan penawaran spesial.

2. Pintar Memanfaatkan Sale

Dari Hari Belanja Nasional, midnight sale, year-end sale, end of season sale, Anda pasti kalap. Pokoknya kalau sudah berhubungan dengan sale dan diskon, biasanya kita jadi kalap berbelanja. Bukannya menghemat, tabungan malah makin menipis deh. Untuk memanfaatkan sale dengan cerdas, tentukan anggaran belanja dan buat daftar spesifik barang yang Anda butuhkan. Atau, Anda bisa memanfaatkan fitur ‘wishlist’ agar Anda tidak jalan-jalan dan membeli barang yang tak diperlukan.

3. Atur Feed Pinterest

Anda yang pernah menggunakan Pinterest pasti tahu sendiri kan bagaimana menakjubkannya situs ini, seperti membaca sebuah majalah super menarik dengan isi yang tidak ada habisnya! Sebelum tanpa sadar membeli sesuatu yang tidak Anda perlu (lagi), mulai imbangi feed Pinterest dengan berbagai hal inspiratif, seperti tips menghemat pengeluaran, ide mengatur meja kerja, atau rekomendasi buku.

4.Jangan Teralihkan Rekomendasi

Saat Anda belanja online, biasanya di halaman yang sama akan ditampilkan berbagai produk rekomendasi lain, sehingga kita akan merasa terdorong untuk membeli. Kalau Anda tidak mencari barang tersebut sejak awal, besar kemungkinan Anda juga sebenarnya tidak perlu. Jadi, jangan teralihkan dan tetap disiplin pada anggaran yang sudah ditetapkan. Langsung masukkan produk pilihan Anda ke dalam keranjang belanja dan langsung check out!