Tips Usir Kantuk Yang Bikin Belajar Jadi Semangat

Sebagian pelajar mengeluhkan kalau belajar itu membuat mereka menjadi bosan dan mudah mengantuk. Akibatnya, materi pelajaran pun tidak akan sampai ke otak dan menjelang ujian pun jadi gugup karena kurang konsentrasi. Nah, agar waktu belajar terjaga dan menguasai materi pelajaran dengan baik, simak tipsnya berikut ini.

1. Mendengarkan lagu favorit

Mendengarkan lagu sembari belajar memang akan bikin nyaman banget. Apalagi saat kamu dilanda rasa kantuk, memutar lagu yang energetic akan membantu kamu lebih semangat dan siap untuk belajar.

2. Peregangan kecil

Rasa kantuk bisa muncul ketika tubuh kurang gerak selama belajar. Istirahatlah sejenak sembari melakukan peregangan ringan selama 5-10 menit. Hal ini akan membuat tubuh dan otot-otot menjadi rileks dan pikiran pun jadi fokus.

3. Minum kopi

Wah, kalau ini sudah terkenal sekali untuk menghilangkan rasa kantuk. Jadikan kopi sebagai teman belajar kamu, tapi harus sesuai batasannya, ya!

4. Pencahayaan yang lebih terang

Beberapa orang mungkin akan lebih mudah mengalami kantuk saat berada di tempat yang redup. Jika kamu salah satunya, sebaiknya pilih tempat belajar yang memiliki cahaya terang sehingga tidak memudahkan kamu untuk tertidur. Pastikan posisi belajar kamu nyaman sehingga kamu pun akan mudah fokus untuk belajar.

5. Pilih waktu belajar yang tepat

Setiap orang memiliki waktu favorit untuk belajar. Nah, seperti halnya kamu. Cari tahu kapan waktu yang sesuai untuk belajar agar kamu pun tidak malas-malasan saat mengerjakannya.

6. Jangan duduk bersandar

Saat belajar, sebaiknya ambil posisi duduk yang tegak. Hal ini akan membuat rasa semangat belajar pun membara. Jika kamu belajar di tempat tidur, rasa malas dan kantuk pun akan mudah menghantuimu.

7. Cuci muka dengan air dingin

Ketika dilanda kantuk, segera hapus dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Hal ini akan membuat mata kamu lebih segar dan siap untuk kembali belajar.

8. Makan beberapa permen

Otot-otot rahang akan bergerak jika kamu mengunyah. Nah, hal ini akan merangsang otak untuk lebih fokus sehingga rasa kantuk pun akan menghilang. Permen manis pun bisa menjadi solusinya karena bikin mood meningkat. Jika kamu ingin yang lebih sehat, kamu dapat menggantinya dengan buah atau sayur.

Selamat mencoba!