Tips Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuang Kemasan Produk Kecantikan

Tips Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuang Kemasan Produk Kecantikan

Informasi Terkini – Pernahkah Anda bertanya bagaimana nasib produk kecantikan yang telah dibuang? Baik yang dibuang dengan produk masih tersisa karena kedaluwarsa maupun kemasan dengan produk yang sudah habis, keduanya bisa menimbulkan efek negatif karena dapat menyumbang sampah sehingga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tak hanya itu, kemasan yang Anda buang bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan menggunakannya kembali untuk membuat produk palsu. Untuk meminimalkan efek negatif yang ditimbulkan, yuk, perhatikan beberapa hal berikut saat membuang produk kecantikan Anda.

1. Mengecek label ingredient pada produk kecantikan yang akan Anda buang

Tak hanya pada produk obat-obatan, produk kecantikan yang Anda gunakan juga bisa mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan. Untuk menghindari pencemaran lingkungan karena bahan kimia yang berasal dari produk kecantikan yang akan Anda buang, sebaiknya hindari membuang produknya melalui toilet dan sejak awal lebih utamakan menggunakan produk yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

2. Memanfaatkan kembali kemasan bekas produk kecantikan

Sebelum membuang kemasan bekas produk kecantikan yang sudah habis yang nantinya akan menambah jumlah sampah lingkungan, Anda juga bisa memertimbangkan untuk berkreasi dan menggunakan kembali kemasan tersebut. Anda bisa memanfaatkan kembali kemasan dengan membeli produk isi ulang ataupun mengubah fungsinya. Sebelum menggunakannya kembali, pastikan terdapat label yang mengklaim bahwa kemasannya dapat digunakan kembali, ya.

3. Hindari mencuci kemasan produk kecantikan menggunakan air

Bahan kimia berbahaya yang bisa saja terkandung di dalam produk kecantikan yang Anda pakai bisa membahayakan lingkungan dengan mencemari air bila Anda membersihkan kemasan produk yang sudah habis menggunakan air. Supaya tidak larut dan mencemari kebersihan air, untuk membersihkan kemasan produk yang akan Anda buang, sebaiknya gunakan lap untuk membersihkannya sebelum menggunakan kemasannya kembali.

4. Mencari tahu apakah brand yang produknya Anda pakai menerima pengembalian kemasan

Munculnya kesadaran menggunakan produk eco-friendly dan perkembangan di industri kecantikan kini membuat banyak brand berlomba-lomba membuat sustainable product yang dibuat menggunakan bahan serta kemasan yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, kini sudah ada beberapa brand kecantikan yang menerima kemasan kosong produk yang mereka keluarkan untuk digunakan kembali seperti, Kiehl’s, Origins dan Aveda.