Trik Jitu Untuk Kamu Yang Akan Merantau Agar Menjadi Mandiri

Trik Jitu Untuk Kamu Yang Akan Merantau Agar Menjadi Mandiri

Informasi Terkini – Saat-saat mendebarkan bagi mahasiswa baru mengenai hasil test SBMPTN telah usai di umumkan beberapa hari lalu yang dapat diakses oleh peserta di situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau yang disingkat menjadi LTMPT. Peserta dapat mengakses situs resmi tersebut pada selasa ( 9/7/2019).
Mengetahui hal ini, sudah barang tentu bagi peserta yang lolos SMBPTN harus menyiapkan segala kemungkinan termasuk untuk mempersiapkan untuk mampu hidup mandiri notabene bagi peserta yang memilih untuk menempuh pendidikan di luar daerahnya. Hal ini perlu disiapkan karena hidup di luar kota akan menjadi tantangan yang menyenangkan bagi pelakunya.
Berikut merupakan trik jitu untuk mahasiswa baru yang akan merasakan hidup di tanah rantau agar menjadi mahasiswa yang mandiri :
1. Memahami Seluk Beluk Kampus Pilihan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami seluk beluk kampus yang menjadi idaman. Selain mencari dan memahami informasi mengenai fakultas dan jurusan yang dipilih, sebagai mahasiswa baru kita juga patut memahami keadaan, baik mengenai keadaan lingkungan kampus, kegiatan dalam bidang akademik maupun non akademik baik dalam bidang olahraga, kesenian dsb.
Berbagai informasi ini patut dicari tahu dan dipahami agar mempermudah penyesuaian diri terhadap lingkungan. Sehingga kesan ‘ gagap bicara ‘ atau ‘ minder ‘ bisa diatasi dengan mudah oleh diri sendiri.
2. Mencari Informasi Terkait Lingkungan Sekitar
Selain memahami seluk beluk kampus yang telah dipilih, mencari informasi mengenai lingkungan tempat tinggal adalah langkah yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan bagaimana kita akan memilih lingkungan tempat tinggal, mencari informasi terkait kebutuhan primer maupun sekunder seperti tempat makan, alat transportasi, dan hal lain yang dapat menunjang kehidupan kita sebagai mahasiswa.
Mencari informasi mengenai beberapa hal ini akan mempermudah kita dalam membandingkan harga dan keadaan yang cocok untuk kedepannya. Selain itu, tentunya perbedaan budaya akan kita temui, oleh karenanya ada baiknya untuk dapat menyesuaikan agar tercipta kerukunan dan kenyamanan bersama.
3. Berlatih Sikap Disiplin Dan Mandiri
Dunia perkuliahan memiliki perbedaan yang signifikan dengan dunia sekolah, perbedaan yang jelas menonjol adalah sikap disiplin dan mandiri yang harus di perhatikan karena menjadi mahasiswa segala sesuatu yang akan kita lakukan akan sangat tergantung pada sikap diri, terlebih jika memilih untuk menempuh pendidikan diluar kota dimana dituntut untuk dapat bersikap disiplin dan mandiri dalam arti kata tidak lagi menggantungkan keperluan pada orang lain terlebih orang tua.
Hal kecil yang akan sangat berpengaruh apabila memiliki hidup disiplin adalah sikap disiplin tepat waktu dan mandiri dalam mengurus diri adalah yang harus dipertahankan selama menjadi mahasiswa. Karena, jika hal kecil ini diabakan atau bahkan ditunda akan menyebabkan kekacauan pada kegiatan lainnya.
4. Menyiapkan Mental Untuk Segala Kondisi
Mental baja dan sigap dalam menghadapi segala situasi dan kondisi mutlak diperlukan untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Untuk memupuk hal ini, diperlukan motivasi diri yang kuat agar terus merasa semangat dan fokus pada apa yang dicita-citakan.
Hal ini bisa dilakukan dengan mempertahankan prinsip awal mengapa ingin kuliah hingga merantau dan jauh dari orang tua. Selain itu, selalu berfikiran positif serta open minded terhadap hal baru, dan tidak takut gagal pada apa yang di perjuangkan.
5. Berpasrah Pada Tuhan Dan Meminta Restu Orang Tua
Hal utama dari semua yang harus dipersiapkan adalah selalu berdoa dan berpasrah pada kehendak-Nya serta tidak lupa untuk meminta restu orang tua terhadap apa yang akan diusahakan.
Hal ini adalah spirit utama bagi mahasiswa yang merantau agar selalu dimudahkan dan dijauhkan dari segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi.