4 Cara Agar Kamu Disiplin Dalam Hal Keuangan

Apakah kamu termasuk orang yang boros dalam hal keuangan? Apakah tiba-tiba uang gajian kamu habis padahal belum akhir bulan? Yup, sebaiknya kamu simak hal berikut ini, agar kamu dapat disiplin dalam hal keuangan. Yuk, simak!

1. Mengetahui kelemahan diri sendiri

Yang pertama yang harus kamu ketahui adalah tentang dirimu sendiri. Maksutnya adalah kamu harus mengetahui kelemahan diri sendiri. Apakah kamu termasuk orang yang suka tergoda dengan hal-hal yang fasionable, atau hal yang baru. Atau apakah kamu termasuk orang yang gila belanja, apalagi waktu ada diskon bertebaran, atau apakah kamu termasuk orang yang sedikit belanja namun banyak uang yang kamu habiskan untuk pergi makan dan ngopi cantik? Yup, beberapa contoh kasus diatas, kamu harus bisa mengerti diri kamu sendiri terlebih dahulu, agar kedepannya kamu tidak kesusahan dalam menjaga keuangan kamu.

2. Belanja ke pasar tradisional

Langkah kedua yang tentunya bisa kamu terapkan apabila kamu ingin disiplin dalam keuangan adalah pergi belanja ke pasar tradisional. Kenapa begitu? Karena pasar tradisional pasti harganya jauh lebih miring apabila kamu pergi belanja kebutuhan bulanan kamu ke supermarket di kota kan? Jadi, agar dapat menghemat uang bulanan, serta kamu dapat disiplin dalam hal keuangan. Hal sederhana seperti belanja ke pasar tradisional ini bisa kamu terapkan ya.

3. Tunda untuk berbelanja online

Langkah selanjutnya yang bisa kamu hindari agar keuangan kamu tetap aman adalah, tunda dahulu untuk berbelanja online. Kenapa? Karena sekarang ini platform belanja online sudah semakin merajalela, maka sebaiknya kamu tetap menajag hati dan mata agar tidak tergoda untuk berbelanja online. Nah, karena mudahnya jaman sekarang ini, mudah bertransaksi apapun secara online, maka kamu juga harus berhati-hati, karena tidak sepenuhnya berbelanja online itu bisa menjamin kepuasan kita. Jadi, apabila kamu seringkali punya keinginan untuk berbelanja online, maka redam dahulu keinginan kamu. Sebaiknya gunakan uang kamu untuk hal-hal yang lebih kamu butuhkan, contohnya adalah dengan membeli kebutuhan harian kamu.

4. Jangan membeli barang yang hanya kita inginkan

Langkah terakhir adalah jangan membeli barang yang hanya kita inginkan. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin keempat. Sebaiknya kamu jangan membeli barang yang hanya kamu inginkan. Jadi, sebaiknya kamu benar-benar memilih barang apa yang kamu inginkan namun juga kamu butuhkan. Misalnya sepatu, nah disatu sisi kamu menginginkan sepatu, dan saat itu ternyata sepatu kamu sedang rusak, maka itu boleh kamu membeli sepatu. Jangan hanya kamu tergiur pada barang diskon dan kamu langsung membelinya, karena belum tentu barang diskon tersebut barang yang kamu butuhkan, agar kamu tidak menyesal kemudian, maka sebaiknya kamu selalu memikirkan baik-baik sebelumm membeli barang