4 Tips Agar Sukses Menabung

Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa mengontrol tabungan kamu? Maka berikut ada beberapa tips agar kamu sukses menabung. Yuk, simak!

1. Catat dengan detail tabungan

Langkah pertama yang bisa kamu terapkan adalah mencatat dengan detail tabungan kamu, mulai dari berapa tabungan yang masuk hari ini, berapa jumlah tabungan yang sudah kamu simpan. Kamu harus memiliki catatannya, karena dengan begitu, kamu bisa memperkirakan dengan betul tabungan kamu ada berapa dan akan kamu simpan hingga nominal berapa. Jadi, kamu juga harus memiliki target yang kamu terapkan agar tabungan kamu terpenuhi

2. Berikan kriteria di setiap tabungan

Langkah selanjutnya adalah memberikan kriteria di setiap tabungan. Tak hanya mencatat pemasukan dan hasil yang ada pada tabungan, namun kamu juga harus memberikan kriteria di setiap tabungan. Jadi, misalkan kamu menabung untuk keperluan A, B, C. Maka kamu juga harus mengkategorikan tabungan kamu sesuai porsi masing-masing. Apabila saat ini A dahulu, lalu B menyusul. Pokoknya selalu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan akan kamu apakan tabungan kamu nantinya.

3. Simpan beberapa persen dari uang gaji

Langkah selanjutnya dalah simpan beberapa persen uang gajian kamu untuk tabungan. Misalnya 10%-15% setiap bulannya. Hal itu sudah cukup kamu sisihkan uang gaji kamu untuk ditabung. Dan uang gajian kamu yang lain bisa kamu gunakan untuk keperluan bulanan kamu atau keperluan mendadak kamu. Jadi kamu harus benar-benar mengkategorikan uang gaji kamu secara cermat

4. Menggunakan aplikasi

Langkah terakhir yang bisa kamu terapkan dalam hal agar sukses menabung adalah dengan menggunakan aplikasi. Kenapa menggunakan aplikasi? Karena di era modern seperti sekarang ini, menggunakan aplikasi untuk membantu mengkategorikan sudah berapa banyak nominal yang kamu kumpulkan tidak ada salahnya kok. Kamu juga bisa lebih terbantu apabila menggunakan aplikasi. Selamat mencoba!