Wah, Ternyata Menghabiskan Waktu Di Pantai Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Lho! Apa Saja?

Wah, Ternyata Menghabiskan Waktu Di Pantai Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Lho! Apa Saja?

Informasi Terkini – Saat sedang berlibur, destinasi alam apa yang paling Anda gemari? Apakah pantai menjadi salah satunya? Rasanya hampir semua orang yang saya kenal senang, pasti senang dengan pantai. Bagaimana tidak, pemandangan birunya air laut yang menyatu dengan langit rasanya sangat memanjakan mata. Anda yang tinggal di daerah yang dekat pantai, beruntung banget nih! Soalnya, menghabiskan waktu di pantai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja ya beragam manfaat yang dapat dirasakan jika sering menghabiskan waktu di pantai? Scroll down!

1. Meredakan Stres dan Depresi

Stres akibat rutinitas pekerjaan yang menjemukan bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan Anda. Jika terus-terusan dipendam, hal ini dapat berujung dengan depresi. Tidak mau itu terjadi, kan? Segera lepaskan kepenatan Anda dengan menghabiskan waktu di pantai. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Baker Heart Research Institute Australia menyatakan bahwa paparan sinar matahari berpengaruh dengan peningkatan kadar serotonin, hormon yang dapat memberi efek relaksasi dan rasa bahagia. Selain itu, suara angin dan deburan ombak juga memberikan efek menenangkan pada pikiran.

2. Membuat Pernapasan Lebih Lega

Tahukah Anda? Tubuh memiliki respons natural terhadap udara dengan kualitas baik. Inilah yang membuat Anda secara otomatis menghirup napas panjang saat tiba di tempat yang masih alami seperti pantai ataupun gunung. Hal ini bukan hanya dipengaruhi oleh paru-paru yang berada dalam kondisi rileks, tetapi juga berkat kandungan ion negatif pada udara pantai yang meningkatkan penyerapan oksigen pada paru-paru. Berkat kualitas udara pantai yang baik, seseorang yang menderita asma atau gangguan pernapasan lainnya, akan dapat bernapas dengan lebih mudah saat berada di pantai.

3. Membakar Kalori Lebih Banyak

Tanpa perlu berusaha terlalu keras, Anda dapat membakar banyak kalori dengan berkegiatan di tepi pantai. Entah itu berenang, jogging, bermain voli, atau hanya berjalan-jalan saja, kegiatan ini dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Ada Sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berjalan-jalan pada permukaan pasir membutuhkan tenaga yang lebih besar sebanyak 2,1-2,7 kali dibandingkan dengan berjalan pada permukaan jalan yang keras. Berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan dan suara ombak tentu akan menjadi bentuk olahraga yang menyenangkan, bukan?

4. Meningkatkan Kadar Iodine pada Tubuh

Saat menghabiskan waktu di pantai, jangan hanya berjalan-jalan dan bersantai saja! Sempatkan juga untuk berenang di air laut. Air laut memiliki banyak kandungan mineral, mulai dari sodium, chloride, sulphate, magnesium, dan kalsium. Beragam kandungan ini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut Anda. Tak hanya itu, kandungan garam yang sangat tinggi pada air laut juga akan bermanfaat untuk Anda yang memiliki masalah dengan sinus atau alergi rhinitis.

5. Meningkatkan Kemampuan Tubuh untuk Melawan Infeksi

Pernah bermain di air laut dengan tubuh yang memiliki luka terbuka? Luka tersebut mungkin akan terasa sangat perih. Namun, sebenarnya rasa perih ini merupakan tanda bahwa luka tersebut sedang dibersihkan oleh air laut. Air laut memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang sempurna untuk menyembuhkan infeksi pada luar tubuh. Selain itu, kandungan iodine pada air laut juga dapat menjadi booster bagi sistem imun tubuh. Anda dapat merasakan manfaat ini dengan berenang pada air laut.