Wajah Kiri Supir Truk Ini Alami Kerusakan Setelah 28 Tahun Terpapar Sinar Matahari

Wajah Kiri Supir Truk Ini Alami Kerusakan Setelah 28 Tahun Terpapar Sinar Matahari

Informasi Terkini – Tahun 2012 lalu, sebuah jurnal menerbitkan foto seorang supir truk yang berusia 69 tahun. Dalam foto tersebut terlihat wajah seorang supir truk yang terlihat keriput namun hanya sebelah saja. Ternyata hal itu disebabkan oleh paparan sinar matahari yang hanya mengenai sebelah wajahnya saja saat mengemudikan truk.
Tentunya hal ini mengejutkan dunia penelitian. Pasalnya, sinar matahari yang menurut kita hanya akan membuat kulit menjadi hitam atau kusam bahkan rusak ternyata juga bisa membuat kerusakan pada wajah. Pria supir truk tersebut memiliki riwayat asimtomatik yang merupakan penyakit tetapi pasien tidak menyadari dengan gajala apapun yang muncul. Dan akhirnya, bagian sisi kiri wajahnya pun mengalami kerutan lebih cepat.
Dari ungkapan supir truk, ia telah bekerja mengemudikan truk hingga 28 tahun. Dan saat ia mengemudi, wajah kirinya terpapar oleh sinar matahri yang membuat sinar ultraviolet A (UVA) menembus epidermis (lapisan jaringan yang menutupi permukaan organ) dan lapisan atas dermis (lapisan kulit antara epidermis (dengan yang itu membuat para kutis) dan jaringan subkutan.
Akibat terpapaparnya sinar hingga dan menembus hingga dalam dapat menyebabkan penebalan pada epidermis dan stratum korneum. Dan akibatnya, serat elastis pada kulit mengalami kerusakan.