Waspada, Ternyata Makanan Enak Ini Sebenarnya Punya Kandungan Kolesterol Yang Tinggi Lho!

Waspada, Ternyata Makanan Enak Ini Sebenarnya Punya Kandungan Kolesterol Yang Tinggi Lho!

Informasi Terkini – Untuk menjaga pola makan sehat, mungkin selama ini Anda mungkin sering mendengar aturan untuk menjauhi kolesterol. Nah, apa sih sebenarnya kolesterol itu? Kolesterol adalah sebuah zat lilin dalam lemak yang terkandung di darah manusia. Sebenarnya, kandungan kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa membangun sel yang sehat. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus alias kandungannya terlalu tinggi, kolesterol justru malah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika seseorang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, maka hal ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Darah pun akan sulit mengalir melalui arteri, sehingga jantung tidak bisa mendapatkan darah yang kaya akan oksigen. Padahal, jantung membutuhkan darah yang memiliki banyak oksigen. Risiko serangan jantung pun semakin besar. Tak hanya itu, penurunan aliran darah ke otak seperti ini juga bisa menyebabkan penyakit stroke. Setelah mengetahui bahaya kolesterol, yuk ketahui beberapa makanan yang bisa menjadi penyumbang tingginya kandungan kolesterol di dalam darah. Coba lihat 5 makanan berikut. Sekilas sih, memang tampak enak, namun nyatanya 5 makanan enak ini punya kandungan kolesterol tertinggi yang perlu Anda waspadai!

1. Cumi-Cumi

Makanan yang satu ini ternyata mengandung takaran kolesterol sebanyak 1170 miligram per 10 gram lho. Walau dimasak dengan berbagai macam cara, seperti digoreng biasa, digoreng dengan tepung, ditumis, direbus atau dipanggang, cumi-cumi ternyata tetap berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kuning Telur Ayam

Makanan selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah kuning telur ayam. Hmm, makanan yang satu ini sebenarnya sangat sering Anda jumpai sehari-hari dan mungkin Anda menyantapnya hampir setiap hari. Baik direbus maupun digoreng, kandungan kolesterol yang ada pada kuning telur ayam adalah 2000 miligram per 10 gram.

3. Jeroan Kambing

Beberapa daging yang termasuk dalam jeroan kambing antara lain usus, babat atau lambung, hati, limpa, dan paru. Tentu saja semua jeroan kambing tersebut memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Biasanya jeroan kambing diolah menjadi beberapa makanan lezat, seperti soto dan gulai. Namun, jangan sampai Anda terlalu banyak mengonsumsi jeroang kambing, karena kandungan kolesterolnya yang begitu tinggi, yakni sekitar 610 miligram per 10 gram takaran saji.

4. Otak Sapi

Otak sapi biasanya diolah dengan cara dibuat gulai, sup, dipepes, atau digoreng. Menu ini mungkin Anda sering temui di rumah makan khas Minang dan kelezatannya pun tidak perlu diragukan lagi. Namun, Anda harus tetap waspada karena otak sapi mengandung kolesterol sebanyak 2300 mg per 10 gram sajian. Meski lezat, jangan sering-sering disantap ya.

5. Telur Burung Puyuh

Makanan lezat terakhir yang perlu Anda waspadai ialah telur burung puyuh. Anda bisa menjumpai telur burung puyih dalam bentuk sate, campuran sambal goreng, dan masih banyak jenis olahan lainnya. Telur yang satu ini mengandung kolesterol hingga 3640 mg per 10 gram. Banyak juga ya? Bisa dibilang, telur burung puyuh memiliki kolesterol yang paling tinggi, sehingga paling diwaspadai.