Waspadalah Ketika Ada Benjolan Di Payudara

Waspadalah Ketika Ada Benjolan Di Payudara

Informasi Terkini – Jakarta, Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang sering mengincar perempuan. Perlu dilakukan deteksi dini untuk perempuan sebagai upaya yang berguna untuk mencegah perkembangan kanker payudara yang cukup ganas. Yang menjadi salah satu tanda kanker payudara yakni dengan munculnya benjolan di payudara. Tidak semua benjolan yang ada itu berbahaya, lalu benjolan yang seperti apa yang perlu untuk diwaspadai?

Ketua PP Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), dr Drajat Ryanto Suarsi, Sp.B(K) Onk mengatakan kalau tidak semua benjolan merupakan kanker. Benjolan yang berupa kanker itu kan membesar 8-200 hari. Biasanya dari benjolan yang teraba memang yang ukurannya 1 cm ke atas, kalau tidak kurang dari itu maka tidak bisa diraba,dan perlu dilakukan USG.

Hal tersebut disampaikannya pada press briefing yang telah digelar PP POI dan Novartis mengenai Breast Cancer Expert Forum dengan bertema Trnasforming Advanced Breast Cancer at The Molecular Level di Pullman Jakarta Central Park Hotel, dan yang ditulis pada Senin (23/12/2013).

Menurut dari dr Drajat, jaringan tumor tersebut kenyal. Sedang kalau kanker keras seperti tulang. Kanker mempunyai akar dan dapat berinfiltrasi. Dia menerangkan kalau yang kanker, benjolannya tidak dapat digoyang-goyang. Sedang kalau benjolan tumor itu mobile.

Pada waktu kanker menginfiltrasi kulit, maka kulit yang ada sekitar payudara akan berubah merah. Puting pun juga tiba-tiba menjadi tertarik ke dalam alias akan terbenam. Kanker yang biasanya di fase awal tidak mengenal adanya rasa sakit. Padahal dari kebanyakan orang itu enggan untuk pergi ke dokter kalau tidak merasa sakit.

dr Drajat memaparkan kalau letak benjolan dapat di mana saja. It can be everywhere. Kalau telah terdeteksi pada waktu kanker yang masih jauh dari puting, maka mereka dapat mempertahankan payudara, tidak perlu adanya pengangkatan besar. Sekarang kalau sudah banyak yang aware dan pintar juga kok untuk dapat memeriksakan payudaranya, jadi bisa lebih mudah untuk terdeteksi kalau ada sel kankernya.

Kalau benjolan yang ada di payudara merupakan tumor, apakah harus tetap diangkat? Dr Drajat mengungkapkan kalau sebaiknya diangkat. Kalau kista tersebut dapat hilang tanpa adanya operasi. Jadi dapat disimpulkan kalau yang bukan kanker itu malah sakit, tetapi yang kanker malah tidak sakit di benjolannya.