Yuk, Ikuti Pola Makan Yang Baik Untuk Pekerja Kantoran Berikut Ini!

Yuk, Ikuti Pola Makan Yang Baik Untuk Pekerja Kantoran Berikut Ini!

Informasi Terkini – Jika ingin menjalani gaya hidup sehat, tentunya Anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan baik di rumah setiap kali berangkat kerja. Sebagai seorang pekerja kantoran, mungkin Anda sudah terbiasa untuk duduk di depan komputer dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Kurangnya aktivitas fisik ini seringkali juga dibarengi dengan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, kecenderungan mengonsumsi junk food, camilan ringan seperti keripik, permen serta aneka makanan manis lainnya. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di tempat kerja, pilihan makanan yang dikonsumsi sepanjang hari sangatlah penting. Nah, untuk mengatasinya, simak cara untuk mengatur pola makan yang baik selama jam kantor di bawah ini!

1. Konsumsi Sarapan Sebelum Anda Mulai Bekerja

Tentu Anda sudah banyak mendengar ungkapan bahwa sarapan adalah the most important meal of the day, bukan? Saking pentingnya, sarapan bahkan bisa mempengaruhi kinerja Anda selama seharian penuh. Namun, pilihan makanan yang biasanya dipilih orang untuk sarapan adalah makanan-makanan yang tinggi karbohidrat dan minyak, yang justru dapat menyebabkan kelelahan dan mudah mengantuk. Makanan-makanan ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah karena berlemak dan tidak sehat. Nah, biasakanlah untuk memulai hari Anda dengan mengonsumsi aneka makanan sehat. Perkaya sarapan sehat Anda dengan makanan yang kaya gizi seperti telur, keju, roti gandum, oatmeal, dan sayuran. Jika tidak ada waktu untuk menyiapkan sarapan yang ‘ribet’, roti gandum panggang dengan keju dan semangkuk buah adalah pilihan yang simpel sekaligus sehat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Bagi para pekerja kantoran, tentunya teh atau kopi seringkali dikonsumsi begitu banyak di sepanjang hari. Padahal, jika zat kafein terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan dehidrasi dan mencegah penyerapan zat besi, sehingga dapat menyebabkan gangguan konsentrasi. Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan batu ginjal. Karena itulah, biasakan diri untuk mengganti kopi atau teh dengan memperbanyak minum air putih. Perlu diingat bahwa asupan air putih harian harus memenuhi antara 2-3 liter. Asupan air yang mencukupi dapat membantu meningkatkan metabolisme, lho!

3. Siapkan Camilan Sehat di Meja Anda

Siapa bilang camilan selalu identik dengan bertambahnya berat badan? Malah, camilan memiliki peran yang penting dalam membentuk pola makan yang sehat. Untuk meningkatkan metabolisme dan memberi Anda energi, dua camilan harus dimakan antara makan siang dan makan malam. Buah-buahan segar, buah-buahan kering, kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang kenari, susu, atau yogurt sangat ideal untuk camilan sehat Anda. Buah yang telah dikeringkan memang memiliki banyak gula, tetapi itu adalah gula alami yang mudah diproses oleh tubuh. Alih-alih mengkonsumsinya sekaligus, pastikan Anda memakan camilan Anda dalam jumlah kecil, ya!

4. Hindari Asupan Gula Berlebih

Seperti yang telah Anda ketahui, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan risiko kesehatan yang cukup serius, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta obesitas. Sayangnya, pekerja kantoran seringkali kurang memperhatikan asupan gula sehari-hari yang bisa mereka dapatkan dari konsumsi nasi yang terlalu banyak, minuman bersoda atau minuman kemasan lainnya, serta berbagai snack yang tinggi gula atau pemanis buatan. Karena itu, mulailah untuk membatasi jumlah asupan gula harian dan alihkan ke makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti oatmeal atau roti gandum, yang tentunya jauh lebih menyehatkan.

5. Usahakan Selalu Mengonsumsi Masakan Buatan Rumah

Selain cukup menguras kantong, tentu Anda mengetahui bahwa makanan yang Anda beli sehari-hari di luar belum tentu terjaga kebersihan dan kesehatannya, bukan? Apalagi, jika Anda terbiasa mengonsumsi junk food untuk makan siang, tentu bukan ide yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, memasak makanan sendiri di rumah dan membawanya sebagai bekal makan siang ke kantor adalah ide yang sangat baik. Anda juga dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera dan preferensi sendiri. Jangan lupa seimbangkan bekal Anda dengan sayuran dan buah potong agar gizinya semakin komplit.