Yuk! Ketahui Kata-Kata Yang Sebaiknya Diucapkan Kepada Teman Yang Mengalami Depresi

Yuk! Ketahui Kata-Kata Yang Sebaiknya Diucapkan Kepada Teman Yang Mengalami Depresi

Informasi Terkini – Saat ini sudah banyak kampanye yang menyerukan pentingnya mendukung teman maupun orang terdekat yang sedang mengalami depresi. Seseorang yang mengalami depresi dan tidak memiliki “tiang” untuk berdiri, sudah seharusnya dirangkul. Menurut seorang asisten profesor pakar kecemasan di Universitas Michigan, Elizabeth Duval, depresi cenderung ditandai dengan pengalaman internal yang menyedihkan dan tidak dapat selalu dilihat oleh orang lain. Orang dengan tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi dapat memikirkan hal di luar nalar yang membuatnya sulit menghadapi masalah. Tidak jarang pula mereka yang depresi memilih untuk mengakhiri hidupnya. Jika kebetulan teman atau kerabat Anda sedang menghadapi masalah dan terlihat putus asa, sebaiknya rangkul dia dengan mengatakan sesuatu yang mampu menolongnya meskipun hanya dengan kata-kata. Bantulah dia untuk kembali semangat menjalani hari dengan kata-kata sederhana berikut ini.

– “Saya peduli dengan Anda..”

Menunjukkan keprihatinan Anda merupakan langkah awal yang baik untuk menghibur seseorang yang depresi. Jill Harkavy-Friedman, seorang wakil presiden penelitan di American Foundation for Suicide Prevention mengatakan, “Selalu memberi tahu seseorang bahwa Anda peduli dan mereka merupakan sosok yang juga penting dalam hidup. Biarkan mereka tahu bahwa Anda akan selalu ada untuk mereka.”

– “Saya tahu ini sulit, tapi bagaimana kalau..”

Cobalah untuk yakinkan mereka dengan mengatakan sesuatu yang mengakui betapa sulitnya melakukan kegiatan tertentu saat sedang depresi. Mulailah perlahan dengan mengajaknya untuk melakukan kegiatan positif dan menyenangkan selama beberapa menit.

Jika Anda merasa ingin memberikan saran, sebaiknya bertanyalah terlebih dulu, “Saya punya beberapa pemikiran dan saran, tetapi saya tidak tahu apakah akan membantu Anda saat ini atau tidak..” Seorang psikiater di Stanford Health Care, Amy Alexander, menambahkan, “Beberapa orang mungkin tidak menginginkan nasihat dan mungkin Anda harus terus mendengarkan. Jika kondisinya seperti ini, teruslah mendengarkan ceritanya karena itulah cara Anda membantunya.”

– “Apa yang bisa saya bantu?”

Menanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu seseorang yang mengalami depresi merupakan cara yang bagus menunjukkan dukungan. Namun, hal ini bukan hanya sekadar basa basi semata, lho. Para ahli mengatakan, penting untuk mengambil tindakan, terlebih lagi jika Anda pikir kondisinya sudah sangat krisis. Hal yang harus Anda ingat, ada perbedaan besar antara, “Saya di sini jika Anda membutuhkan saya” yang hanya basa-basi, dengan “Apa yang bisa saya lakukan saat ini untuk membantu Anda?” yang benar-benar hadir dan bertanya kepada mereka.

– “Saya benar-benar menyukai _______ tentang Anda”

Mengatakan hal yang disukai tentang seseorang secara spesifik dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi yang dipuji. Ingatkan mereka tentang apa yang Anda sukai dari mereka dan hal yang membuat Anda nyaman berhubungan dengannya. Mereka mungkin tidak tahu apa yang membuat Anda ingin bersama atau alasan Anda peduli terhadapnya.

– “Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi..”

Sama sekali tidak ada yang salah atau buruk untuk mendapatkan bantuan dari seorang profesional kesehatan mental. Sayangnya di Indonesia, berkonsultasi ke psikolog masih dianggap sebagai hal yang hanya dilakukan oleh mereka yang benar-benar mengalami masalah mental akut. Padahal kenyataanya berkonsultasi ke psikolog merupakan hal yang wajar, bahkan perlu dilakukan jika Anda tidak menemukan orang yang tepat untuk diajak berbagi kisah sekaligus bantu menemukan jalan keluar. Maka itu penting untuk memperjelas hal ini kepada orang terdekat maupun rekan yang mengalami depresi atau sedang merasa tertekan, baik sebagai cara untuk memberi tahunya sebagai sebuah alternatif pengobatan maupun jalan keluar masalah yang tengah ia hadapi.