Yuk! Ketahui Mengenai Bra Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Yuk! Ketahui Mengenai Bra Dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Informasi Terkini – Terdapat begitu banyak kebiasaan yang dapat dilakukan wanita untuk menjaga dan merawat tubuhnya. Mulai dari menekuni skin care routine, mengonsumsi makanan sehat, hingga rutin berolahraga. Selain ketiga hal tersebut, masih beberapa hal lainnya yang mungkin kerap terabaikan, namun sama pentingnya untuk menjaga kesehatan, misalnya pakaian dalam, lebih tepatnya bra. Tak sekadar menjadi pakaian dalam saja, ada beberapa hal seputar bra yang perlu Anda ketahui karena berkaitan erat dengan kesehatan. Ingin tahu apa saja hal-hal tersebut? Simak di sini, ya!

1. Bra sebaiknya digunakan selama 6-9 bulan

Dilansir dari Bustle, ‘masa berlaku’ atau umur bra berkisar antara 6 sampai 9 bulan. Artinya, apabila digunakan lebih lama dari kisaran tersebut, besar kemungkinan kondisi bra Anda sudah tak lagi optimal, bahkan perlu diganti. Saat bra digunakan terlalu lama, ukurannya mungkin telah berubah, daya topangnya berkurang, atau bentuk kawatnya dapat terasa menusuk tubuh, sehingga akan mempengaruhi kesehatan pula.

Selain perlu diganti setelah 6-9 bulan, bra juga perlu dicuci paling tidak seminggu sekali untuk menghindari menumpuknya bakteri, kotoran, dan sisa keringat yang dapat menyebabkan rasa gatal hingga jerawat pada kulit. Dilansir dari YouBeauty, sebaiknya Anda juga tidak menggunakan bra yang sama selama 2 hari berturut-turut agar karet bra tidak mudah melar.

2. Gunakan sport bra saat berolahraga

Dilansir dari Daily Mail, bra fitting expert Melissa Coulter menuturkan bahwa menggunakan sport bra saat berolahraga tak hanya sekadar pendukung busana, namun juga membantu mencegah permasalahan payudara. Berolahraga tanpa menggunakan sport bra dapat menyebabkan rasa nyeri sekitar payudara, payudara kendur, hingga stretch marks. Pasalnya, bra biasa tidak didesain untuk menopang dan menyangga gerakan payudara saat berolahraga, sedangkan sport bra dapat mengatasi hal tersebut dan meminimalisir goncangan pada payudara saat berolahraga.

3. Anda mungkin menggunakan bra dengan ukuran yang kurang tepat

Tahukah Anda bahwa sekitar 85% wanita di seluruh dunia mengenakan bra dalam ukuran yang salah? Padahal, saat mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu besar payudara tidak akan tersangga sempurna dan dapat menjadi kendur, sedangkan mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil atau ketat dapat menyebabkan permasalahan kesehatan seperti rasa nyeri.

Nah, untuk mencegah hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar ukuran bra, seperti misalnya ukuran bra dapat berubah-ubah di toko atau pada brand pakaian dalam yang berbeda. 36B di toko A bisa saja memiliki ukuran yang sama dengan 34C di toko berbeda, oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba langsung sebuah bra sebelum membelinya. Selain itu, sama seperti ukuran tubuh yang kerap berubah, ukuran payudara juga dapat berubah-ubah selama 3-6 kali dalam setahun, lho!

4. Bra berkawat tidak menyebabkan kanker

Anggapan bahwa menggunakan bra dengan kawat dapat menyebabkan kanker payudara tidaklah benar, lho! Menurut Dr. Sally Norton, konsultan National Health Service; Jené Luciani, penulis buku ‘The Bra Book: The Fashion Formula to Finding the Perfect Bra; serta website resmi Breast Cancer Organization, mengenakan bra berkawat tidak menyebabkan kanker payudara. Anggapan tersebut hanya mitos yang berdasarkan satu riset saja dan tidak didukung dengan riset lain maupun fakta yang cukup.

5. Tidur dengan bra

Selain anggapan bahwa mengenakan bra berkawat dapat menyebabkan kanker payudara, anggapan lain seputar bra dan kesehatan yang juga banyak terdengar adalah bahwa tidur mengenakan bra tidak baik untuk kesehatan. Anggapan ini tak sepenuhnya salah, maupun sepenuhnya benar. Dilansir dari YouBeauty, Allan Gabriel, seorang profesor dalam bidang operasi plastik dan rekonstruksi menuturkan bahwa mengenakan bra saat tidur dapat membantu memperlambat payudara kendur untuk pemilik cup di atas B dan C. Namun, pastikan Anda mengenakan bra yang tidak terlalu ketat dan tidak berkawat agar tidak menekan kulit saat tidur, ya!