Yuk Kurangi Kebiasaan Menggigit Kuku Dengan Cara Ini!

Yuk Kurangi Kebiasaan Menggigit Kuku Dengan Cara Ini!

Informasi Terkini – Menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sulit dihentikan bagi sebagian orang, apalagi jika kebiasaan ini sudah sering dilakukan sejak dini. Mulai dari sekadar menggigit kuku, menarik kutikula, bahkan membuat kulit di sekitar kuku mengelupas hingga berdarah. Jika kebiasaan ini dibiarkan terus, tentunya akan melukai kuku kita.
Untuk kebiasaan menggigit kuku, ada beberapa hal spesifik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan menggigit kuku.

1. Mencari tahu alasan dibalik kebiasaan menggigiti kuku

Agar sepenuhnya berhenti menggigit kuku, Anda perlu mencari tahu alasan atau pemicu yang membuat Anda terus menerus menggigit kuku tanpa Anda sadari. Apakah itu terkait trauma di masa lalu, sedang memikirkan masalah, atau memang Anda menikmati sensasi saat menggigiti kuku. Hal ini penting untuk menyelesaikan kebiasaan buruk Anda hingga ke akarnya.

2. Menggunakan cat kuku

Salah satu alternatif untuk mengurangi kebiasaan menggigit kuku adalah dengan memakai cat kuku. Karena rasanya pahit, ketika secara tidak sadar Anda memasukkan jari ke dalam mulut untuk menggigit kuku, Anda akan mengecap rasa pahit selama Anda masih menggunakan cat kukutersebut.

3. Rutin melakukan manicure

Saat melakukan manicure, mintalah agar kuku Anda dipotong lebih pendek dan dicat dengan cat kuku berharga mahal agar Anda merasa sayang saat ingin menggigit kuku Anda. Selain itu, menambahkan nail art 3D juga dapat mempersulit Anda untuk menggigiti kuku Anda. Menurut Tania Elliott MD, orang-orang yang melakukan manicure cenderung tidak ingin menggigit kuku. Cara ini terdengar mudah dan klise untuk dilakukan, namun tentu saja ini salah satu cara yang efektif.

4. Meminta bantuan teman terdekat

Tidak ada salahnya untuk memberitahukan keinginan Anda untuk berhenti menggigit kuku dan meminta bantuan teman-teman untuk mengingatkan Anda. Mereka bisa mendukung dan membantu Anda untuk benar-benar berhenti menggigit kuku. Bentuk dukungan ini bisa berupa teguran halus ketika Anda mulai menggigit kuku serta agar membuat Anda bisa konsisten dalam usaha menghilangkan kebiasaan buruk Anda.

5. Menggunakan sarung tangan saat tidur

Jika Anda masih bisa mengontrol dan diingatkan oleh teman-teman Anda perihal usaha untuk berhenti menggigit kuku, namun bagaimana jika Anda tertidur dan secara tidak sadar melakukannya lagi? Padahal saat Anda tidur, tidak mungkin teman-teman Anda berada di sekitar Anda 24 jam dalam 7 hari. Untuk mengakali hal ini, Anda bisa menggunakan sarung tangan yang cukup tebal sebelum tidur agar gigi Anda tidak mulai menggigit-gigit kuku saat terlelap.