3 Pejabat Jember Korupsi Dana Proyek Perbaikan Sekolah

3 Pejabat Jember Korupsi Dana Proyek Perbaikan Sekolah

Informasi Terkini – Jember, tiga pejabat dinas pendidikan nasional ditetapkan sebagai tersangka pada kasus tindak pidana korupsi dana alokasi proyek sekolah oleh tim penyidik kepolisian resor jember, jawa timur. mereka disangka terlibat dalam kasus korupsi alokasi khusus pada tahun 2011.

uang yang telah dikorupsi merupakan dana untuk program nasional perbaikan 136 sekolah yang rusak.hal ini diungkapkan oleh Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jember, Ajun Komisaris Makung Ismoyojati.

tiga tersebut antara lain yang pertama MYS, Kepala bidang TK dan SD; kedua, berinisial HR, Kepala bidang TK dan SD; dan yang ketiga berinisial SG, koordinator kepala sekolah. setelah diperiksa secara maraton, akhirnya mereka ditetapkan sebagai tersangka dalam sepekan terakhir ini.

penetapan tersangka ini dilakukan setelah pihak kepolisian memeriksa 136 kepala sekolah. dalam hal ini semua saksi mengatakan bahwa dana dari kementrian pendidikan nasional yang telah dikim langsung kerekening sekolah dipotong 5 hingga 10 persen yakni total dari potongan lebih dari 1 miliar.ungkap makung.

tersangka akan dijerat dengan pasal 11 serta pasal 12 huruf e UU no 20 thn 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. meskipuntelah menjadi tersangka, polisi tidak melakukan penahanan terhadap mereka. tiga pejabat tersebut sampai saat ini masih belum bisa untuk dihubungi. bahkan waktu dilihat pihak wartawan di kantor mereka bekerja justru keadaan kantor dalam keadaan sepi. kata salah seorang staf mereka sedang dinas diluar kota.

awal dari kasus korupsi itu berasal daripada laporan gabungan lembaga swadaya masyarakat Gerakan Bersama Berantas Tindak Pidana Korupsi Jember pada 2012 lalu. Baharuddin Noer, Koordinator Gema Tipikor Jember minta pihak kepolisian jember untuk terus mengusut kasus korupsi tersebut.